Yuk Simak ! Ini Beberapa Makanan untuk Menghilangkan Stress

Stres didefinisikan sebagai ketidakmampuan mengatasi ancaman yang dihadapi oleh mental, fisik, emosional, dan spiritual manusia, yang pada suatu saat dapat mempengaruhi keadaan fisik manusia tersebut. Stres dapat dipandang dalam dua acara, sebagaiu stres baik dan stres buruk (distres). Stres yang baik disebut stres positif sedangkan stres yang buruk disebut stres negatif. Stres buruk dibagi menjadi dua yaitu stres akut dan stres kronis.

Penyebab Stres

Sumber stres atau penyebab stres dikenali sebagai stresor. Stresor adalah segala situasi atau pemicu yang menyebabkan individu merasa tertekan atau terancam. Penyebab stresor dapat di bagi menjadi dua, yaitu stresor eksternal dan stresor internal. Stresor eksternal merupakan stresor berasal dari luar individu seperti stresor yang berada di lingkungan dan stresor sosial yaitu tekanan dari luar disebabkan oleh interaksi individu dengan lingkungannya, banyak stresor sosial yang bersifat traumatic yang tak dapat dihindari, seperti kehilangan orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, pensiun dari pekerjaan, perceraian, masalah keuangan, pindah rumah dan lain-lain. Sedangkan stresor internal merupakan stresor yang berasal dari dari dalam individu seperti stresor psikologis tekanan dari dalam diri individu biasanya yang bersifat negatif seperti frustasi, kecemasan (anxiety), rasa bersalah, kuatir berlebihan, marah, benci, sedih, cemburu, rasa kasihan pada diri sendiri, serta rasa rendah diri. Stresor biologis seperti pelepasan neurotrasmitters saat stres dari kelenjar adrenal, medula yaitu epinefrin dan norepinefrin dalam respon terhadap stres. Pelepasan neurotransmitter menyebabkan efek fisiologis seperti denyut jantung meningkat, peningkatan kewaspadaan dan lain-lain.

Aneka Ragam Makanan Penghilang Stres

Karbohidrat kompleks

Manfaat Karbohidrat Kompleks Bagi Kesehatan - Alodokter

Karbohidrat kompleks adalah jenis makanan penghilang stres yang bisa meningkatkan kadar hormon serotonin. Pilihannya juga banyak, mulai dari roti gandum, pasta, sereal sarapan di pagi hari, hingga oatmeal. Karbohidrat kompleks juga bisa menstabilkan kadar gula darah, lho.

Dark chocolate

How dark chocolate could boost brain health, immunity

Kandungan bahan aktif dalam cokelat terbukti nyata bisa membantu menghilangkan rasa stres. Sebuah studi tahun 2009 di Swiss menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam akan mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Jeruk

8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan, Rasakan Kesegarannya! | Dream.co.id

Jeruk adalah makanan penghilang stress yang  manis dan juga lezat. Menurut penelitian, vitamin C bisa membuat kadar kortisol (hormon stres) kembali normal, sehingga stres bisa diredakan.Selain itu, vitamin C yang dikandung jeruk juga bisa memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Teh

Di Antara Banyak Jenis Teh, Mana yang Lebih Sehat?

Teh sudah dipercaya sejak zaman dulu, untuk mengobati beberapa kondisi medis. Teh juga bisa menjadi minuman penghilang stres yang ampuh.Dalam sebuah studi, para responden yang mengonsumsi teh sebanyak 4 cangkir dalam sehari, selama 6 minggu, mengalami penurunan hormon kortisol dalam situasi yang memicu stres.Menurut seorang ahli gizi, meminum teh hangat di pagi hari juga bisa membuat Anda menjadi lebih tenang.

Makanan Pedas

5 Tempat Makan dengan Menu Super Pedas di Jakarta - Tribun Jakarta

Semangkuk makanan pedas dan hangat juga menjadi makanan penenang saat sedang stres. Ketika tubuh mendeteksi adanya senyawa capsaicin dari cabai maka, otak akan melepaskan endorfin, senyawa yang berfungsi untuk memberi perasaan lebih tenang.

Alpukat

Payudara Bisa Besar dengan Makan Alpukat, Benarkah?

Buah dengan kulit berwarna hijau gelap ini bisa menjadi camilan yang tepat saat perasaan stres membuat Anda “ngidam” makanan berlemak.Alpukat mengandung lemak baik yang menyehatkan tubuh. Tapi, jangan mengonsumsi alpukat terlalu banyak, ya, karena. Sebab, buah ini juga mengandung kalori yang tinggi.

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More