Yuk Coba Gunung Favorit di Jawa Barat Ini !

Mendaki gunung dapat dipahami sebagai aktivitas menambah ketinggian dalam menjajaki daerah pegunungan dengan berjalan kaki menuju tempat tertentu yang telah direncanakan sebelumnya. Dalam arti luas pendakian gunung berarti suatu perjalanan melewati medan pegunungan dengan tujuan berekreasi sampai dengan kegiatan ekspedisi dan penelitian atau eksplorasi pendakian ke puncak-puncak yang tinggi dan relatif sulit hingga memerlukan waktu yang lama, bahkan sampai berhari-hari bahkan ada yang samapai berminggu-minggu. Mendaki Gunung adalah kombinasi olah raga dan kegiatan rekreasi untuk mengatasi tantangan dan bahaya pada lereng dan jurang untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari puncaknya walaupun harus melewati kesulitan atau memanjat tebing menjulang puncaknya.

Pendaki bisa dikategorikan menjadi beberapa kategoti diantaranya adalah pendaki pemula dan pendaki professional. Pendaki pemula adalah seorang pendaki yang kurang pengalamannya dalam dalam mendaki gunung, baik pengalamn dalam membekali dirinya dengan pengetahuan-pengetahuan dasar mendaki atau juga pengalaman dalam berkegiatan langsung dilapangan.

Untuk kamu pendaki pemula yang baru akan berniat melakukan sebuah perjalanan pendakian, sebaiknya pilihlah gunung dengan ketinggian di bawah 3000 meter di atas permukaan laut (3.000 mdpl) dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu curam. Berikut rekomendasi lima gunung untuk pendaki pemula di daerah Jawa Barat yang bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu melakukan pendakian pertamamu.

Gunung Gede, Sukabumi (2.958 mdpl)

Gunung Gede gunung di Jawa Barat dengan beragam kekayaan yang terkandung didalamnya. Kekayaan alam hayati baik flora dan fauna, sejarah, juga beragam aktivitas yang sering dilakukan dikawasan ini. Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Ada tiga jalur alternatif untuk menuju ke puncak Gunung Gede, yaitu via jalur Gunung Putri, jalur Cibodas, dan jalur Selabintana. Namun, kebanyakan pendaki lebih menyukai jalur via Cibodas karena jalurnya yang cukup landai dengan mode track bebatuan. Untuk persediaan air, kamu nggak perlu khawatir. Dalam pendakian menuju puncak Gunung Gede, banyak sumber mata air. Ada juga toilet dan penduduk sekitar yang berjualan di pos Kandang Badak atau di puncak Gunung Gede.

Gunung Papandayan, Garut (2.665 mdpl)

Gunung Papandayan terletak di kabupaten Garut, tepatnya di Kabupaten Cisurupan. Hutan mati, kawah Papandayan, dan Tegal Alun menjadi daya tarik utama gunung ini. Di Tegal Alun ini adalah tempat favorit untuk pendaki karena di kawasan ini terdapat padang Edelweiss padang yang sangat indah. Gunung Papandayan memiliki ketinggian hingga 2.665 mdpl. Lokasi puncak Papandayan masih membingungkan bagi sebagian pendaki. Ada yang mengatakan bahwa puncaknya di balik semak-semak tertutup, bukan di rute pendakian resmi. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa puncak Gunung Papandayan terletak di kawasan cagar alam.

Gunung Cikuray, Garut (2.818 mdpl)

Gunung yang terletak di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.818 Mdpl. Untuk mencapai gunung ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, tetapi terbatasnya transportasi yang bisa mengantarkan ke titik pendakian membuat biaya menjadi membengkak. Oleh karena itu menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek merupakan pilihan yang paling bijak.

Untuk mencapai gunung ini dapat dicapai melalui Kota Garut, Perjalanan dilanjutkan menuju ke titik awal pendakian berupa stasiun pemancar TV.Untuk menuju tempat ini, para pendaki bisa melalui Desa Babakan Loak lalu mengarah ke Desa Cisumur, berlanjut ke Desa Mekarsari, dan sampai di titik awal pendakian stasiun pemancar TV.

Gunung Burangrang (2.050 Mdpl)

Terletak di Bandung Utara berbatasan dengan Purwakarta, Gunung Burangrang merupakan gunung yang asyik untuk dijelajahi. Saat ini tedapat dua rute pilihan menuju puncak, yaitu rute dari Legok Haji dan Purwakarta. Meski demikian, jalur setapaknya yang menanjak cukup memacu adrenalin. Sobat Akasaka bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan, bahkan sebelum mencapai puncak. Dari base camp menuju puncak hanya membutuhkan waktu 1.5 – 2 jam saja.

Nah, itulah gunung favorit di Jawa Barat untuk kamu para pendaki pemula. Semoga bisa menjadi bahan referensi jika berencana liburan dan menjajal kawasan puncak terindah di area Jawa Barat ini.

ARTIKEL TERBARU