Lebih Dekat dengan Allah Melalui Shalat Tahajud

Dalam istilah ilmu fiqh, shalat adalah bentuk ibadah yang diwujudkan dengan melakukan perbuatan-perbuatan tertentu disertai dengan ucapan-ucapan tertentu dan syarat-syarat tertentu pula. Dengan digunakannya istilah shalat bagi ibadah ini, kemudian didalamnya mengandung arti. Diantaranya untuk arti do’a, rahmat dan mohon ampunan diri Allah SWT.

Sholat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. Shalat tahajud termasuk shalat sunnah mu’akad (shalat yang dikuatkan oleh syara’). Shalat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Sholat tahajud itu artinya shalat malam setelah tidur sejenak. Tahajud berasal dari bahasa arab “tahajjud”, dari kata dasar “hajada” yang berarti tidur dan juga berarti shalat di malam hari.5 Tahajud artinya bangun dari tidur, shalat tahajud artinya shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan setelah tidur lebih dahulu walaupun tidurnya hanya sebentar.

Shalat tahajud disyariatkan berdasar dalil AlQur’an, As-sunnah. Dalam Al-Qur’an disebutkan adanya anjuran untuk melaksanakan shalat tahajud yang terdapat dalam QS Al-Muzammil: 1-3 dan QS Al-Isra ayat: 79:

(1). يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ(2). قُمِ الَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا(3). نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا

Terjemah: “Wahai orang yang berselimut, bangunlah (untuk shalat) ada malam hari, kecuali (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu”. (QS. Al-Muzammil: 1-3)

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Terjemah:“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji”. (QS Al-Isra:79)

Ayat-ayat tersebut merupakan perintah kepada Nabi SAW supaya melakukan shalat malam selain shalatshalat yang telah difardhukan. Bagi Nabi sendiri shalat tahajud merupakan kewajiban baginya sedangkan untuk umatnya merupakan sunnah yang dianjurkan di malam hari.

Sahabat MQ, hendaknya kita membiasakan diri untuk shalat tahajud agar diri dan hati kita dekat dengan Allah. Shalat tahajud dengam khusuk akan membuat hati merasa tentram. Mencurahkan segala jiwa raga kepada Allah. Khusuk berarti jiwa raga kita tunduk dan taat dalam melaksanakan shalat di hadapan Allah, raga kita tenang dan menunduk karena merasa rendah di hadapan Allah, dengan demikian kita akan selalu merasa, bahwa kita selalu dalam pengawasan-Nya.

Sholat malam merupakan sarana penghapus dosa, penenang hati, pembersih jiwa, dan takarub yang paling efektif. Shalat ini juga menjadi obat segala macam kegundahan, kegelisahan, kesedihan, kemarahan, keterasingan, keputusasaan, dan problem-problem rohaniah lainnya. Ia adalah tiket untuk meraih kedekatan hati dengan Allah serta ketentraman hati akan menyertai.

 

 

 

 

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More