Vitamin untuk Mencegah Osteoporosis

Sahabat MQ, menjaga kesehatan tulang dan otot tidak hanya bisa kita dapatkan dari vitamin D yang secara cuma-cuma dapat dirasakan melalui sinar matahari. Ternyata, terdapat beberapa vitamin lainnya yang juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin yang diperuntukan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot tulang berfungsi untuk membentuk tubuh, menghasilkan sel darah merah, menyimpan mineral penting, melindungi organ vitalz dan memungkinkan untuk bergerak.

Berikut tiga vitamin untuk menjaga kesehatan tulang dan otot agar terhindar dari osteoporosis.

  • Vitamin A

vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk membangun tulang yang sehat dan kuat.

Salah satu sumber vitamin Aadalah retinol yang terdapat dalam daging dan ikan, sereal, dan suplemen vitamin. Sumber vitamin A lainnya juga dapat ditemukan pada beta karoten yang terkandung dalam buah dan sayuran berwarna hijau tua dan oranye.

  • Vitamin K

Vitamin K terdiri dari dua jenis, yakni: K1 dan K2. K1  terdapat dalam sayuran hijau, berdaun, dan silangan. Termasuk brokoli, kubis, kembang kol, selada air, bayam, hingga pakcoy.

Sedangkan vitamin K2 sebagian besar dihasilkan dari bakteri yang terdapat di beberapa produk susu, ayam, dan makanan fermentasi.

Untuk menghindari dampak negatif dari kedua vitamin ini, perlu diperhatikan, bahwa asupan vitamin K yang cukup sekitar 120 mikrogram untuk pria dan 90 mikrogram untuk wanita.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki efek yang bagus untuk sel-sel pembentuk tulang. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin B12, seperti; daging, ikan, produk susu, telur, sereal sarapan yang diperkaya, hingga kerang.

Sahabat MQ, demikianlah tiga vitamin yang dapat kita konsumsi untuk memcegah osteoporosis.

 

ARTIKEL TERBARU