Usir Kutu Kasur dengan Garam dan Bahan-Bahan Ini

Kutu kasur merupakan serangga berbentuk pipih dan berwarna kecoklatan. Serangga ini tertarik pada panas tubuh dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Kutu kasur bisa dibasmi dengan mencuci pakaian tidur dan seprai dengan air panas, atau menyelubungi kasur dengan pembungkus yang rapat minimal selama satu tahun. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, disarankan untuk menggunakan jasa pembasmi serangga profesional.

Gejala dan Tanda Kutu Kasur

Keberadaan kutu kasur kadang tidak disadari, karena serangga ini hanya keluar untuk mengisap darah pada malam hari. Setelah mengisap darah selama beberapa menit, kutu kasur akan kembali ke tempat persembunyiannya. Tanda gigitan kutu kasur (bedbugs bites) adalah munculnya bilur kemerahan di kulit, yang terasa gatal atau seperti terbakar. Pada orang yang baru pertama kali digigit kutu kasur, gatal tidak akan langsung terasa. Bahkan kadang butuh waktu berhari-hari hingga gatal muncul. Rasa gatal akan lebih cepat terasa bila makin sering digigit oleh hewan ini.

Keberadaan kutu kasur juga dapat dideteksi di tempat tidur, yaitu berupa:

  • Bekas darah di tempat tidur
  • Noda hitam dari kotoran kutu kasur
  • Muncul bau khas (bau apek) di tempat persembunyian kutu

Cara ini bisa dilakukan tapi nggak terlalu ampuh. Ketimbang dijemur, sebenarnya garam dan bahan-bahan di bawah ini lebih manjur usir kutu kasur. Yuk, langsung saja simak ulasannya !

Hanya bermodal garam, kita bisa bikin kutu kasur lari tunggang-langgang

Tiga Fungsi Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

Jarang terpikirkan, garam ternyata efektif membasmi kutu kasur. Caranya pun gampang, hanya dengan mencampurkan garam dengan air, lalu masukkan cairan garam tadi ke dalam botol. Semprotkan cairan garam ke kasur yang ditinggali kutu kasur.

Nggak cuma bermanfaat saat mati lampu, lilin dapat digunakan untuk usir kutu kasur

Lilin Aromaterapi, Apa Manfaat Lilin Aromaterapi bagi Kesehatan?

Cara agar tidak digigit kutu busuk juga bisa menggunakan lilin lo. Caranya, nyalakan lilin terlebih dulu, lalu meneteskannya di celah-celah tempat kutu kasur berada. Selain mudah dan murah, cara ini lebih efektif menghilangkan kutu kasur ketimbang dengan menjemur kasur.

Jadi musuh alami kutu kasur, tembakau layak diandalkan

Hobi: Bentuk Lain Cita Rasa Tembakau - PARIAMAN TODAY

Siapa mengira kalau tembakau bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur? Ya, tembakau tergolong musuh alami kutu kasur. Dengan mengombinasikan tembakau dan air, kita bisa membuat cairan pengusir kutu kasur yang mujarab. Setelah cairan tercampur dengan baik, kocok-kocok sebentar lalu semprotkan cairan ke kasur. Agar hasilnya maksimal, kita bisa menaburkan tembakau di bawah kasur juga lo.

Jangan buru-buru dibuang! Gel silika yang kita dapat saat membeli barang ternyata bisa dipakai untuk menghalau kutu kasur

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanya

Sehabis mendapatkan gel silika saat membeli barang, paling ujung-ujungnya kita buang saja. Padahal gel silika mempunyai fungsi yang jarang diketahui orang. Butiran berpori dari natrium silikat ini mampu mengusir kutu kasur. Untuk membasmi kutu kasur dan tungau, cukup taburkan gel silika di sekitar rumah yang kemungkinan dilewati kutu kasur. Misalnya di sudut kasur, di bawah kasur, atau sekitar dinding. Mempunyai efek bisa menempel pada tubuh kutu kasur, gel silika dinilai paling efektif bunuh kutu kasur secara perlahan-lahan.

Memiliki aroma yang dibenci kutu kasur, asam Jawa atau  daun Mindi dijamin bikin kutu kasur minggat sejauh-jauhnya

7 Manfaat Asam Jawa, Kendalikan Gula Darah sampai Menurunkan Berat Badan -  kumparan.com

Kita bisa memilih salah satu, mau pakai asam Jawa atau daun Mindi. Nggak masalah cuma salah satu, keduanya sama-sama ampuh usir kutu kasur. Kita hanya perlu meletakkan asam Jawa atau daun Mindi di tempat yang diyakini sebagai sarang kutu kasur. Setelah itu, kutu kasur busa atau kutu kasur springbed bakal minggat.

ARTIKEL TERBARU