Tips Rutin Bersedekah

Sahabat MQ, bersedekah membuat diri kita dan orang yang menerima akan merasa bahagia, terlebih bahagia pada batinnya. Tapi, bagaimana jika gaji kita pas-pasan? Bahkan, belum dapat memenuhi kebutuhan pokok kita.

Padahal, sebagai seorang muslim, tentu kita ingin bisa rutin bersedekah agar rizki yang Allah karuniakan semakin berkah. Oleh karena itu, berikut tips rutin bersedekah.

Pertama, rutin menyiapkan makan siang

Anda dapat mulai bersedekah dengan rutin memberikan makan siang yang anda siapkan sendiri dengan memasak atau membelinya. Berikan makan siang pada orang membutuhkan yang Anda temui di jalan.

Kedua, menaruh mukena atau Alquran ke masjid terdekat

Masih banyak musholla atau pun masjid yang kekurangan peralatan ibadah, seperti mukena dan Alqur’an. Untuk itu, menyedekahkan mukena dan Alqur’an yang ada di rumah dapat menjadi solusi agar bisa bersedekah dengan rutin. Selain memanfaatkan barang yang ada, barang yang disedekahkan adalah barang yang akan selalu dipakai orang-orang untuk beribadah.

Ketiga, rutin menyediakan makanan untuk kucing di jalan

Rutin membawa sisa makanan yang ada di rumah atau sengaja membeli makanan kucing dan membawanya saat anda pergi dapat menjadi solusi agar bisa rutin bersedekah. Anda dapat menaruhnya di dalam wadah dan tempatkan di depan rumah Anda agar kucing jalanan bisa memakannya jika kelaparan, atau masukan kedalam toples kecil agar mudah dibawa saat berpergian.

Demikianlah, cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa rutin bersedekah.

 

(Konten ini disiarkan dalam program MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More