Tips Meredam Amarah

Sahabat MQ, menahan marah itu memang bukan pekerjaan mudah. Karenanya, Nabi shallallahu alaihi wasalam mengumpamakan orang yang dapat mengendalikan kemarahan dan emosinya sebagai orang terkuat.

Supaya dapat meredam marah, berikut ini tipsnya.

Pertama, membaca ta’awwudz. Sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasalam, dengan membaca ta’awudz, maka kita dapat meredam amarah kita.

Kedua, berwudhu. Kemarahan itu dari setan yang tercipta dari api, maka berwudhulah. InsyaAllah akan segera meredakan kemarahan anda.

Ketiga, mengubah posisi. Ubah posisi kita, jika sedang berdiri, maka duduk. Dan jika sedang duduk, segeralah berbaring.

Keempat, diam. Dengan kita memilih diam, maka Allah akan memudahkan urusan kita. Marah justru akan semakin memperumit masalah.

Kelima, bersujud. Salat sunnah mininal dua rakaat pada saat marah. Kondisi mata memerah dan otot meregang dapat diredakan dengan salat. Salat dapat membuat pikiran menjadi jernih dan hati menjadi tenang.

Sahabat MQ, demikianlah tips mengatasi rasa marah.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia, setiap Senin-Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More