Tips Menyembelih Hewan

Sahabat MQ, menyembelih hewan, baik untuk berkurban, aqiqah, atau pun untuk dikonsumsi, ternyata ada caranya tertentu. Sebagai ibadah, menyembelih hewan memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, baik dari sisi hewan, orang yang menyembelih, dan tata cara menyembelih hewan.

Berikut tips menyembelih hewan.

Pertama, perhatikan alat yang digunakan

Alat yang digunakan untuk menyembelih hewan sebaiknya alat yang terbuat dari batu, bambu, besi, dan benda logam. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa alat pemotong benar-benar tajam. Hal ini agar hewan sembelihan dapat segera mati dan tidak tersiksa terlalu lama.

Kedua, menyebut nama Allah

Ketika menyembelih hewan, disyariatkan untuk menyebut nama Allah subhanahu wa ta’ala, karena menyembelih merupakan salah satu bentuk ibadah dan melakukannya harus didasari karena keimanan.

Ketiga, menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat

Menurut darul al ifta mesir, kiblat merupakan arah bagi keinginan untuk taat kepada Allah. Oleh karena itu, saat melakukan penyembelihan disyariatkan untuk menghadap ke kiblat.

Keempat, memberi air sebelum proses penyembelihan

Disunahkan untuk memberi air minum pada hewan kurban sebelum proses penyembelihan dilakukan agar membuatnya merasa tenang. Kemudian, barulah penyembelihan dilakukan dengan memotong dua urat tebal yang meliputi tenggorokan untuk memancarkan darah hewan kurban setelah dua urat tersebut terputus.

Sahabat MQ, demikianlah cara menyembelih hewan sesuai syariat.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia, setiap Senin-Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU