Tips Mengurangi Kecanduan Game Online

Sahabat MQ, bermain game online boleh saja, akan tetapi jika sudah berlebihan, akan banyak dampaknya, seperti; tidak menjadi produktif, tidak bisa lepas dari gawai, dan lainnya.

Berikut ini tips supaya dapat mengurangi kecanduan bermain game online:

  1. Sibukkan diri dengan kegiatan  yang lebih bermanfaat

Kita harus menghabiskan waktu untuk hal – hal yang bermanfaat, misalnya  membaca buku, belajar bahasa arab, bahasa inggris, membuat konten yang bermanfaat di media sosial, menulis blog, membersihkan rumah, dan lainnya.

Imam Syafi’i pernah dinasehati oleh seorang sufi, “jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal–hal yang baik, pasti akan tersibukkan dengan hal–hal yang sia–sia.”

2. Jaga pergaulan

Karena, pergaulan paling mempengaruhi kita untuk terus bermain game. Kita tidak perlu memutuskan hubungan dengan mereka, namun tetap berdo’a kepada Allah agar kita dan mereka sadar dari kecanduan tersebut.

Sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Perumpamaan teman yang saleh dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi ,akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi dirinya atau sekurang–sekurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi, akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapakan bau tidak sedap.” (Hr. Bukhari & Muslim)

3. Berhentilah secara berkala

Cara yang terbaik adalah dengan menghilangkannya secara berangsur–angsur. Misalnya, pekan ini mulai dua jam perhari, lalu pekan depan satu setengah jam perhari, lalu diatur dua hari dan seterusnya sampai benar – benar berhenti.

4. Ingatkan diri kita dalam keadaan merugi

Ini karena kita sedang membuang waktu – waktu kita, sedangkan seorang muslim harus memaksimalkan hasil mereka sebelum ke kehidupan yang selanjutnya.

5. Berdoa kepada Allah subhanahu wata’ala

Tidak bisa dipungkiri, tanpa pertolongan Allah, kita tidak akan pernah bisa sukses mencapai sesuatu pun. Karena itulah, seharusnya kita senantiasa meminta pertolongan Allah. Dengan demikian, bisa jadi Allah akan menghindarkan kita dari keburukan – keburukan tersebut.

Sahabat MQ, yang paling penting adalah niat. Kebulatan tekad dan kontol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu.

Kurangi secara bertahap frekuensi bermain game online. Kita harus mengatahui batasannya dan lebih bijak menggunakan waktu.

 

ARTIKEL TERBARU