Tips Menghilangkan Rasa Kantuk saat Beraktivitas

Sahabat MQ, mengantuk merupakan salah satu hal yang wajar. Namun terkadang disaat tubuh sedang melakukan aktivitas, rasa mengantuk sudah mulai datang, sehingga mengganggu aktivitas kita. Agar kantuk segera hilang, berikut ini tips yang dapat anda lakukan.

Pertama, lakukan olahraga ringan. Lakukan sedikit gerakan seperti berjalan cepat di tangga untuk merangsang jantung anda berdetak lebih cepat, sehingga tubuh akan mendapatkan asupan oksigen lebih banyak.

Kedua, dinginkan suasana tubuh anda. Dengan meminum air dingin dapat membantu tubuh dan pikiran kembali segar. Selain itu, dapat juga menggunakan air es untuk mengusap bagian tubuh seperti pundak, dahi, atau tangan.

Ketiga, berjalan keluar ruangan. Aktivitas secara monoton menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, cobalah berjalan-jalan ke luar ruangan, cari suasana baru yang bisa membuat anda jauh lebih fresh dan rileks.

Keempat, lakukan hal yang memicu otak agar bekerja. Cobalah untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang memicu otak bekerja seperti mengisi teka-teki silang. Setelah itu, otak anda akan lebih siap untuk fokus kembali beraktivitas.

Kelima, hindari mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Sebaiknya saat sarapan pagi hindari mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat seperti nasi dan lain sebagainya. Penuhi kecukupan gizi saat sarapan dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Sahabat MQ, demikian tips menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia, setiap Senin-Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More