Tips Menghilangkan Kantuk saat Menyetir

Sahabat MQ, pernakah anda merasa ngantuk ketika sedang berkendara?

Mengantuk saat menyetir sering dialami banyak orang. Dalam kasus yang cukup ekstrem, rasa ngantuk saat sedang mengendarai mobil atau motor dapat menyebabkan kecelakaan.

National Sleep Foundation Amerika Serikat mencatat, terdapat sekitar 100.000 kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk.

Berikut tips mengatasi rasa ngantuk saat sedang berkendara.

  • Menepi dan melakukan peregangan (bagi pengendara motor)

Biasanya rasa kantuk yang tidak tertahankan muncul saat sedang mengendarai motor di jalanan yang cukup lengang dan cuaca yang bersahabat. Jika hal ini sedang terjadi, maka anda disarankan untuk  segera menepi sesaat dan melakukan peregangan otot dengan berjalan-jalan sebentar. Bergerak secara aktif dapat membantu membuat pikiran tetap terjaga.

  • Meminta ditemani saat mengemudi

Jika anda kurang tidur atau sedang mengalami kelelahan berat, sebaiknya hindari untuk mengemudi sendiri, apalagi jika jarak tempuhnya cukup jauh. Untuk itu, anda dapat mengajak seseorang untuk menemani anda di perjalanan atau bergantian mengemudi jika kelelahan.

  • Minum kopi

Jika mata dan tubuh anda sudah benar-benar lelah, berarti anda membutuhkan kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, kopi juga membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya dapat anda rasakan.

  • Menepi dan tidur sejenak

Apabila efek kopi belum terasa dan masih membuat ngantuk, cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan tidur sejenak. Menepi dan tidurlah kira-kira selama 15 menit, karena lebih baik menghabiskan waktu 15 sampai 20 menit untuk tidur sejenak dari pada memaksakan diri untuk tetap menyetir dengan risiko yang lebih besar.

 

Sahabat MQ, rasa ngantuk yang dirasakan ketika sedang mengemudi dapat memberikan efek yang kurang baik bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk itu, alangkah lebih baiknya agar kita senantiasa menjaga pola istirahat dan tidak memaksakan untuk berkendara, jika memang tidak merasa mampu.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad¬†shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More