Tips Menghadapi Anak Agresif

Sahabat MQ, apakah anda pernah menemui anak balita yang tantrum atau agresif? Bagaimana cara menghadapinya? Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda.

  • Tetaplah tenang

Karena berteriak, marah, atau memukul tidak membantu anak dalam mengurangi kebiasaan buruknya. Melihat anda dapat mengontrol emosi justru menjadi salah satu langkah mengajarinya bagaimana cara mengontrol emosi.

  • Segera respon kesalahannya

Segera merespon saat si kecil bertindak agresif. Jangan menunggu sampai ia memukul kakaknya sebanyak tiga kali baru anda katakan “cukup! Tidak boleh lagi.” Anak harus segera tahu saat ia melakukan kesalahan.

  • Berikan penjelasan singkat

Misalnya, ketika si kecil memukul temannya, cukup ucapkan “jangan memukul, dipukul itu sakit”. Penjelasan ini lebih mudah dipahami oleh anak usia balita.

  • Ajarkan untuk meminta maaf

Arahkan anak untuk meminta maaf setelah ia memukul seseorang. Awalnya ia akan melakukannya dengan tidak ikhlas, tapi itu tak apa, yang penting anak akan terbiasa untuk meminta maaf setelah ia menyakiti orang lain.

  • Berilah apresiasi

Misalnya ketika si kecil meminta untuk meminjam bola teman tanpa merebutnya, puji dia dengan mengatakan “anak ummi hebat sekali, terima kasih sudah meminta izin”. Dengan ini dia akan mengerti bahwa menggunakan bahasa verbal berefek lebih baik daripada tindakan agresif.

  • Ajaklah untuk beraktivitas fisik

Tenaga yang tak tersalurkan bisa menjadi salah satu faktor penyebab ia tantrum atau agresif. Ajaklah ia bermain di sekitar rumah, berenang, main bola, dan aktivitas fisik lainnya.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia, setiap Senin-Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More