Tips Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation

Sahabat MQ, sandwich generation merupakan kondisi di mana seseorang harus membiayai keluarga intinya sendiri, yaitu anak dan pasangan, sekaligus membiayai orang tua atau saudara. Seperti gambaran daging pada sandwich yang dijepit dari atas dan bawah.

Oleh karenanya, sebagai generasi sandwich, mengatur keuangan tentu bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, Anda dapat mencoba tiga tips berikut untuk mengatur keuangan anda.

Pertama, mengevaluasi catatan keuangan

Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran, karena dari catatan tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi setiap bulan nya. Selain itu, pastikan pengeluaran tidak melebihi pemasukan yang didapat agar manajemen keuangan tetap terkontrol.

Kedua, komunikasikan mengenai finansial

Komunikasikan mengenai finansial dengan pasangan merupakan hal yang penting untuk menghindari masalah. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk terbuka akan masalah keuangan ini dengan pasangan atau dengan orang tua terkait kemampuan finansial Anda.

Ketiga, mengamankan pengeluaran utama

Pos-pos pengeluaran utama yang dimaksud adalah pos kebutuhan yang wajib dipenuhi, misalnya; untuk makan, listrik, air, transportasi, sekolah anak, cicilan, dan lain-lain.

Untuk itu, pastikan ketika mendapatkan gaji atau penghasilan, anda dapat langsung menyisihkan biaya kebutuhan utama. Selanjutnya, Anda bisa menyimpan sisanya sebagai dana darurat yang dapat digunakan ketika kondisi mendesak.

Menjadi sandwich generation memang tidaklah mudah. Namun sahabat MQ, niatkanlah hal tersebut untuk menolong keluarga, maka Allah akan balas dengan berjuta kebaikan insyaAllah.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia, setiap Senin – Jumat Pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU