Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan LDM

Sahabat MQ, apakah anda sedang menjalani long distance marriage?

Long distance marriage adalah kondisi dimana pasangan yang sudah menikah namun berbeda lokasi tempat tinggal, baik berbeda kota atau negara. Biasanya hal tersebut terjadi karena tuntutan pekerjaan.

Kondisi ini biasanya tidak berjalan sebentar. Ada pasangan yang perlu berhubungan jarak jauh selama tiga bulan, enam bulan, atau bahkan tahunan. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi finansial keluarga.

Berikut tips mengatur keuangan bagi pasangan long distance marriage.

Pertama, lakukan riset

Langkah ini merupakan awal yang baik untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kota yang akan ditinggali sementara.

Informasi pertama yang perlu anda cari tahu adalah berkaitan dengan sewa dan lokasi tempat tinggal dan berapa biayanya. Berikan juga  beberapa pilihan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain tempat tinggal, biaya yang akan memakan porsi banyak pengeluaran adalah biaya makan. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari tahu informasi jenis makanan apa yang biasanya ditawarkan dan berapa rata-rata pola konsumsi masyarakat di sana.

Kedua, perhitungkan secara detail

Buatlah perhitungan secara detail untuk setiap pengeluaran Anda dan pasangan meski pada hal yang sifatnya tidak penting.

Praktiknya, perhitungan dibuat dengan dua pencatatan dari masing-masing. Sehingga, dapat diperkirakan berapa seluruh pengeluaran. Tentunya, catatan yang dibuat akan berbeda karena disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Jadi, Anda dan pasangan akan memiliki dua arus pengeluaran yang berbeda.

Ketiga, komunikasi dan kepercayaan terhadap kondisi finansial

Satu hal yang menjadi tantangan hubungan jarak jauh adalah komunikasi. Untuk itu, agar tetap berjalan lancar, komunikasikan terhadap pasangan anda mengenai segala hal, baik dari sisi hubungan maupun keuangan.

Contohnya, dengan membuat skema seperti; berapa kali akan berkunjung, bagaimana dengan tiket dan pengeluaran saat berkunjung, sehingga tidak ada kesalahpahaman untuk alokasinya.

Demikian tips yang bisa Anda coba agar keuangan keluarga menjadi lebih baik.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen “MQPedia”, setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU