Tips Memberi Makanan untuk Korban Bencana

Sahabat MQ, pada saat kondisi setelah bencana, kebutuhan dasar seperti; tempat tinggal, pakaian, air bersih, makanan, dan akses pada kebutuhan kesehatan merupakan hal yang vital untuk dipenuhi.

Makanan menjadi salah satu hal yang banyak dipilih untuk membantu korban bencana alam. Hal ini tentu sangat membantu. Akan tetapi, memilih makanan untuk korban bencana perlu lebih diperhatikan. Berikut tips memberi makanan untuk korban bencana.

  • Pilih makanan siap santap dan awet

Bahan makanan yang dapat dipilih untuk korban bencana adalah makanan yang siap santap. Bentuk sajian makanan dapat berupa makanan yang mengandung karbohidrat, seperti; roti kering, biskuit, daging kering, daging kalengan, dan buah kering.

Bahan sembako mentah juga dapat diberikan. Beberapa di antaranya adalah makanan pokok, baik beras, tepung, minyak, dan garam.

  • Perhatikan kualitas produk

Sebelum memberi bantuan makanan, kita perlu memperhatikan kualitas dan kuantitas bahan makanannya. Pastikan makanan yang dikirim dalam bentuk kemasan yang tidak terbuka, rusak, penyok, menggembung tidak wajar, atau lewat masa kadaluwarsanya.

  • Pilih bahan makanan daerah

Jika anda ingin memberi bahan makanan yang masih memerlukan pengolahan, seperti sembako dasar atau lauk pauk, usahakan memilih jenis yang memang umum dikonsumsi di daerah tersebut. Hal ini dilakukan agar bantuan makanan yang diberikan dapat diterima oleh semua kelompok korban bencana.

  • Hindari memberi bantuan susu formula

Meski sering dipilih, ternyata memberikan bantuan berupa susu formula merupakan hal yang tidak dianjurkan. Susu formula untuk bayi dan anak-anak merupakan bahan makanan yang memerlukan kehigienitasan tinggi. Kurangnya akses air bersih bersuhu panas akan membuat bayi dan anak-anak rentan mengalami diare.

 

Sahabat MQ, membantu sesama merupakan hal yang Allah sukai. Akan tetapi, agar pertolongan kita dapat bermanfaat sepenuhnya, sebelum memberi bantuan, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu, kebutuhan apa yang dapat dan tidak boleh diberikan pada korban bencana.

 

(Konten ini disiarkan dalam program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More