Tips Memasak dengan Hasil Rasa yang Lezat

Memasak menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan, bahkan sebagian orang menjadikan ini sebagai hobi mereka. Saat memasak, kamu bisa bereksperimen dan menghasilkan berbagai menu masakan yang lezat dengan bumbu rahasia milikmu. Bukan hanya itu saja, membuat berbagai menu unik yang populer dan banyak disukai orang juga akan menjadi hal menyenangkan lainnya.

Untuk kamu yang termasuk pemula dalam memasak, simak cara-cara berikut ini agar kemampuan memasakmu bisa meningkat dan membaik:

Mengenal bumbu-bumbu dasar

Agar masakan menjadi nikmat, diperlukan racikan bumbu-bumbu yang pas. Jadi, kamu perlu tahu apa saja bumbu-bumbu dasar yang biasa dipakai untuk memasak. Mulai dari gula, garam, merica, ketumbar, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun salam. Karena biasanya bumbu-bumbu itu mirip, kamu harus berlatih agar bisa membedakan bumbu. Misalnya gula dengan garam, merica dengan ketumbar, dan jahe dengan lengkuas. Soalnya bumbu yang berbeda menghasilkan rasa yang berbeda juga pada makanannya.

Belajar dari orang lain

Tidak perlu susah-susah kursus memasak di tempat khusus, agar bisa memasak. Mama, nenek, kakak, tante, dan teman adalah tempat belajar memasak yang mudah, praktis, dan murah. Bahkan bisa bikin kamu makin akrab dengan mereka. Karena biasanya mereka punya resep dan trik sendiri saat memasak yang belum tentu kamu temukan di buku resep.

Perhatikan api

Banyak orang sering memasak dengan api besar agar makanan yang diolah cepat matang. Padahal, penggunaan api sedang secara konsisten dapat mengurangi risiko masakan gosong.

Durasi memasak

Bahan-bahan tertentu perlu diolah dengan durasi yang berbeda. Contohnya ketika mengolah ayam dan udang. Saat memasak ayam, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memastikan ayam benar-benar matang. Alasan daging ayam harus benar-benar matang karena daging ayam mengandung banyak bakteri dan virus, terutama salmonella. Namun jika Anda memasak udang, janganlah memasaknya terlalu lama agar tidak alot.

Jangan takut garam

Anda mungkin takut memasak karena khawatir rasanya keasinan. Perasaan tersebut yang menghantui Anda sehingga Anda tidak berani memasak. Ketika memasak gunakan sedikit garam terlebih dahulu. Jika kurang asin baru Anda menambahkan garam lagi. Cara tersebut membuat masakan Anda tidak keasinan.

Gunakan bahan yang segar

Kualitas bahan mempengaruhi cita rasa. Oleh karena itu gunakan bahan yang segar. Petik bagian sayur yang sudah jelek agar masakan Anda tetap sehat.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More