TIPS MANAJEMEN WAKTU KERJA, KETIKA WORK FROM HOME

Sahabat mq, pernah gak kita merasa sudah melewatkan banyak waktu dari pagi sampai sore atau bahakan ditambah lembur samapai malam, tetapi kerjaan kita itu berasa tidak beres-beres ?, sebenarnya bukan masalah banyaknya pekerjaan kita, tetapi karena waktu yang kita kerjakan tidak efisien dan efektif, tidak ada time managemen yang baik dan terarah, sehingga waktu kita lebih banyak digunakan pada hal-hal yang kurang bermanfaat yang membuat pekerjaan kita tidak terselsaikan dengan tepat waktu.

Tanpa kita sadari dalam bekerja, kita sering sekalai banyak mendapatkan gangguan, apalagi sekarang kita dihadapakan dunia media sosial dan difasilitasi jaringan internet yang baik, bukannya membuat pekerjaan kita lebih cepat terselsaikan, karena adanya fasilitas internet, justru malah jadi penghambat pekerjaan kita. Kita malah jadi keasyikan berselancar di media sosial, keasyikan nonton youtube, dan brouwshing-browshing yang tidak ada kaitannya dengan kerjaan.

Sahabat mq, terlebih kita tahu pada situasi sekarang sudah lebih dari dua minggu kita melakukan lock down karena pelaturan dari pemerintah, guna untuk mencegah merebaknya penyebaran virus corona yang sangat masif. Tia-tiap perusahaan mengeluarka regulasi (aturan) untuk Work From Home (bekerj dari rumah). Tentunya bukan main gangguannya untuk bekerja bertamabah besar lagi, belum lah kita terpalingkan dengan pekerjan-pekerjaan rumah yang selalu saja tidak ada henti-hentinya, belum juga rasa mager melanda yang menjurung kita untuk selalu rebahan, dan gangguan-gangguan lainnya. Maka dari itu untuk memaksimalkan jam kerja kita dengan waktu yang ada dan segala urusan lainpun bisa terselsaikan dengan tidak membuang-buang waktu, maka kita harus mempunyai manjemen waktu yang baik dalam bekerja. Bagaimana cara kita untuk memenej waktu kita dalam bekerja agar pekerjaan kita dapat segera terselsaikan dan dapat segera beristirahat atau melaukan aktivitas lainnya, maka berikut ini adalah tips memenej waktu dalam bekerja ;

Pertama, buatlah rencana pekerjaan di malam sebelumnya

Sebelum beranjak tidur, maka  luangkanlah waktu untuk membuat rencana pekerjaan esok hari, dengan mengecek jadwal serta hal-hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini dilakukan agar anda lebih siap memulai pekerjaan di keesokan harinya.

Kedua, bangun pagi lebih awal

Dengan bangun tidur lebih awal, kita dapat melakukan berbagai aktivitas ibadah dengan tenang, melakukan olahraga ringan, dan sarapan dengan nyaman, saat sudah rutin melakukan hal tersebut, maka anda akan memiliki waktu yang lebih produktif dan sistematis.

Ketiga, membuat to-do-list

Membuat daftar kegiatan harian dapat menjaga produktivitas dan memanajemen waktu dengan lebih baik. Selain itu, daftar kegiatan yang telah dibuat juga dapat menjadi tolak ukur untuk membuat anda tetap fokus dalam bekerja.

Terakhir, Fokus pada pekerjaan dengan membuat skala prioritas

Focus dalam bekerja adalah inti dalam menyelsaikan pekerjaan, hindari dulu untuk keinginan berselancar media sosial nonton youtube, belanja online dan yang lainnya, karena hal yang demikianlah yang membuat pekerjaan kita tidak selsai-selsai. Serta jangan lupa kita harus memiliki pekerjaan skala prioritas, kerjakan pekerjaan yang palin penting dan sudah mendekati deadline dengan senantiasa tetap focus pada pekerjaan kita.

Sahabat mq, berikut diatas tadi adalah tip-tpis memenejemen waktu dalam bekerja. Tentunya kita harus lebih produktif dengan senantiasa tidak menyia-nyiakan waktu yang ada yang Allah subhanahuwataala berikan kepada kita. Yang mana Allah telah membekali kita dengan 24 jam waktu setiap harinya, tentu kita mengharapkan waktu yang diberikan, dapat diisi dengan aktivitas bermanfaat yang dilakukan secara optimal. Oleh karenanya untuk mencapai hal tersebut, kita perlu mengatur atau memanage waktu dengan sebaik-baiknya, agar segala pekerjaan ataupun aktifitas yang dilakukan dapat terasa lebih berkualitas dan maksimal.

 

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More