Tips Agar Perut Tidak Bunyi Ketika Lapar

Sahabat MQ, apakah perut anda pernah mengeluarkan bunyi keroncongan? Bunyi yang dihasilkan perut dapat disebabkan oleh gas atau peristalsis yang merupakan kontraksi usus. Bunyi perut merupakan hal yang normal dan tidak dapat dihindari, karena proses pencernaan membutuhkan kerja usus dan usus yang diam saja berarti tidak sehat.

Meskipun demikian, terdapat beberapa cara agar perut tidak berbunyi pada waktu-waktu tertentu. Berikut informasinya.

  • Makan sedikit camilan

Sahabat MQ, dalam jangka pendek, salah satu tindakan terbaik untuk menghentikan perut keroncongan adalah dengan memakan camilan. Suara perut yang berasal dari usus akan aktif dan mengeluarkan bunyi ketika dalam keadaan kosong. Makanan di dalam tubuh dapat memperlambat gerakan normal usus, sehingga mengurangi simfoni keroncongan.

  • Meminum air putih

Air putih dapat mengurangi bunyi perut jika diminum dalam jumlah yang sedang. Untuk efek terbaik, anda dapat memadukan sedikit camilan dengan segelas kecil air putih yang diminum setelahnya untuk menghindari keroncongan.

  • Mengkonsumsi cukup serat

Untuk menghindari bunyi perut, anda dapat mengkonsumsi cukup serat yang tidak berlebihan. Serat dapat membantu pergerakan makanan yang sehat dan teratur melalui sistem.

Serat sangat baik untuk sistem pencernaan dan memiliki efek membersihkan. Akan tetapi, hati-hati jika dikonsumsi secara berlebih, serat dapat menimbulkan gas dan menyebabkan perut berbunyi.

  • Menghentikan konsumsi produk olahan susu atau gluten

Usus yang tidak sehat dan berbunyi merupakan tanda bahwa anda tidak dapat menoleransi makanan tertentu, sehingga mampu mengiritasi perut dan usus. Intoleransi terhadap produk olahan susu atau gluten merupakan masalah umum yang menyebabkan perut berbunyi.

 

Sahabat MQ, perut yang berbunyi tentunya sedikit mengganggu kepercayaan diri kita, apalagi jika ia berbunyi pada waktu-waktu khusus yang lebih formal. Oleh karenanya, kita dapat mengikuti beberapa tips diatas untuk meredakannya sesaat.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More