Tips Agar Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti saat ini, menjadi faktor hambatan keringnya pakaian yang telah Anda cuci. Terkadang saat sedang mencuci ternyata hujan turun tanpa terduga dan sering kali sudah setengah kering, tapi hujan turun kembali. Kurangnya cahaya matahari itulah yang membuat baju terasa lembab dan menimbulkan bau apek.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan agar cucian tetap kering meski di musim hujan?

Tentu ada cara yang bisa dilakukan agar pakaian tetap kering sempurna dan harum setelah dicuci walaupun di musim hujan. Berikut beberapa tips pakaian tetap kering di musim hujan:

Gunakan Alat Pemeras Mesin Cuci

Hasil gambar untuk pakaian dalam pemeras mesin cuci

Tips agar cucian kering saat musim hujan yang pertama adalah dengan menggunakan alat pemeras mesin cuci. Alat pemeras cucian yang ada di mesin cuci memang efektif membuat pakaian lebih cepat kering. Kamu hanya perlu mengangin-anginkan cucian, atau menjemur di bawah sinar matahari dalam waktu beberapa jam saja.

Cegah pakaian berbau apek dengan pewangi pakaian

Hasil gambar untuk pewangi pakaian

Masalah yang sering terjadi saat musim hujan adalah tidak bisa menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Namun, saat menjemur di dalam ruangan, seringkali pakaian tidak bisa dikeringkan dengan baik. Akibatnya, pakaian tidak kering sempurna dan menimbulkan bau apek. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan pewangi atau pelembut kain saat bilasan terakhir. Tidak hanya membuat pakaian lebih wangi, tetapi juga memiliki sifat anti bakteri sehingga pakaian tidak berbau apek. Selain membuat cucian segar lebih lama, pewangi pakaian juga memudahkanmu dalam mencuci. Sebab, sudah banyak produk pewangi pakaian sekali bilas. Kesegaran yang masuk ke serat pakaian juga akan membuat pakaian lebih cepat kering saat musim hujan.

Jemur pakaian dengan Hanger

Hasil gambar untuk jemur cucian dengan hanger

Tips agar cucian kering saat musim hujan selanjutnya adalah dengan menjemur menggunakan hanger. Dengan begitu, tetesan sisa air pada cucian akan langsung mengalir satu arah ke bagian bawah. Sehingga bagian atas pakaian yang digantung di hanger lebih cepat kering terlebih dulu. Lain halnya jika kamu menjemur cucian tanpa hanger, atau hanya di gantung di tali jemuran. Tetesan air akan mengalir ke dua arah, sehingga pakaian lebih susah kering. Terlebih lagi jika pakaian yang dijemur berbahan tebal atau berbahan jeans.

Jemur Pakaian di Bawah Sinar Lampu

Hasil gambar untuk Jemur Cucian di Bawah Sinar Lampu

Kalau curah hujan di tempat tinggalmu sedang sangat berlebih, maka tidak ada salahnya menjemur di dalam ruangan. Tetapi, pastikan kamu juga membantu proses pengeringan cucian dengan memanfaatkan sinar lampu. Sinar lampu yang agak panas akan membuat cucian lebih cepat kering. Tips agar cucian kering saat musim hujan bisa kamu terapkan, terutama saat sore dan malam hari saat sudah benar-benar tidak ada sinar matahari.

Manfaatkan Kipas Angin dan Hair Dryer

Beberapa alat di rumah juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat cucian kering saat musim hujan, seperti kipas angin dan hair dryer. Kipas angin adalah alat rumah tangga yang paling umum dimiliki orang-orang, khususnya masyarakat Indonesia yang tinggal dengan iklim tropis. Kipas angin akan membantu cucian cepat kering, apalagi jika sudah diperas dengan baik serta dijemur dengan hanger. Udara yang dihasilkan kipas angin akan membuat tingkat kelembapan cucian cepat berkurang. Hair dryer juga bisa dimanfaatkan menjadi tips agar cucian kering saat musim hujan. Namun, karena daya listrik yang dibutuhkan hair dryer cukup besar, maka sebaiknya kamu hanya memilih pakaian berbahan tebal atau pakaian yang ingin segera dipakai saja. Sehingga kamu enggak boros listrik, dan tagihan listrik tidak membengkak hanya karena mengeringkan cucian saat musim hujan.

ARTIKEL TERBARU