Tips Agar Dapat Bernapas Lebih Ringan saat Flu

Sahabat MQ, ketika sedang terserang flu, biasanya badan juga akan ikut merasakan demam, menggigil, batuk, dan hidung yang berair. Dari semua gejala flu yang muncul, biasanya susah bernapaslah yang paling mengganggu.

Demam serta lemas mungkin dapat dihilangkan sementara dengan membawanya tidur. Namun apabila hidung terus berair dan tersumbat sampai membuat anda susah bernapas, tidur akan menjadi kegiatan yang sangat berat.

Berikut tips agar mudah bernapas saat sedang flu:

  • Mandi air hangat

Saat terserang flu, sinus akan penuh dengan lendir, sehingga membuat anda kesulitan untuk bernapas. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda segera mandi dengan menggunakan air hangat. Uap panas yang dihasilkan air dapat membantu mengeluarkan lendir yang terkumpul dan membuat hidung terasa lebih lega.

  • Makan makanan hangat

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan memakan sup dapat mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan atas, yang biasanya terjadi pada orang yang terserang flu. Menyeruput minuman hangat seperti teh juga dapat menjadi pilihan untuk mengurangi hidung yang tersumbat. Hal ini juga dapat membantu anda meringankan batuk serta bersin yang dialami.

  • Tidur dengan bantal tambahan

Letak kepala yang lebih tinggi saat sedang tidur juga dapat membantu anda untuk bernapas lebih lega ketika sedang mengalami flu. Sehingga anda tidak perlu lagi terbangun di tengah malam karena kesulitan bernapas.

  • Menggunakan semprotan garam

Semprotan hidung yang mengandung garam juga dapat membantu untuk mengencerkan lendir pada hidung, sehingga bernapas akan lebih mudah dan sakit tenggorokan akan perlahan mereda. Anda bisa mendapatkan semprotan garam seperti itu di apotek.

 

Sahabat MQ, musim hujan tentu menjadi sebuah keberkahan tersendiri bagi kita. Untuk itu, agar ibadah tetap bisa dikerjakan dengan baik tanpa terganggu oleh masalah kesehatan yang rentan saat musim hujan, sebaiknya kita tetap menjaga daya tahan tubuh dengan senantiasa mengatur asupan makanan dan berolahraga.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More