Tips Agar Anak Gemar Membaca Buku

Pada waktu membaca mata mengenali kata, sementara pikiran menghubungkannya dengan maknanya. Makna kata dihubungkan satu sama lain menjadi makna frase, klausa, kalimat, dan akhirnya makna seluruh bacaan. pemahaman akan makna bacaan ini tidak mungkin terjadi tanpa pengetahuan yang telah dimiliki dahulu, misalnya konsep-konsep yang terjadi dalam bacaan, tentang bentuk kata-kata, struktur kalimat, ungkapan dan sebagainya. Dengan singkat, pada waktu membaca, pikiran sekaligus memproses informasi, yang menyangkut hubungan antar tulisan dan bunyi bahasa. Informasi sintaksis, yaitu yang berhubungan dengan struktur kalimat, serta informasi, dan yang menyangkut aspek makna. Secara umum dapat disimpulkan bahwa membaca merupakan proses penerjemahan tanda-tanda dan lambang-lambang kedalam maknanya serta pemaduan makna baru kedalam sistim kognitif dan afektif yang telah dimiliki pembaca.

Melalui pengertian membaca tersebut, maka dengan membaca, anak akan mendapatkan wawasan luas. Membaca juga melatih anak untuk berempati dengan sesama. Bahkan, studi membuktikan bahwa orang yang hobi membaca buku bisa hidup lebih bahagia. Sayangnya, masih banyak Anak yang kurang tertarik dengan membaca. Berikut tips yang bisa diterapkan kepada Anak agar suka membaca buku.

Mulai dengan buku bergambar dan minim tulisan

6 Manfaat Mendengarkan Dongeng untuk Anak-Anak | Popmama.com

Tidak dapat dipungkiri jika gambar dan warna selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Sebagai permulaan, buku semacam ini baik untuk diberikan kepada anak agar mereka lebih dahulu terbiasa dengan buku. Tema buku yang diberikan pun dapat disesuaikan, bisa jadi buku cerita, atau buku yang berisikan pengenalan angka dan huruf.

Bacakan Buku untuk Anak

Membacakan Buku untuk Bayi Juga Ada Aturannya, Lho! - Mommies Daily

Tips kedua yang bisa dilakukan yaitu rajin membacakan cerita kepada si kecil secara rutin. Orangtua bisa membacakannya sebagai pengantar tidur anak. Jangan lupa, bagian paling menarik bagi si anak adalah ekspresi saat orangtua membaca. Mulai dari intonasi, mimik wajah, sampai suara perlu disesuaikan dengan karakter di dalam buku.

Hadiahkan Anak Sebuah Buku

Cari Kado Buku Unik untuk Anak? Perhatikan Tiga Hal Ini!

Selain mainan, sesekali berikan buku sebagai hadiah untuknya. Hal ini akan membuat si anak merasa bahwa buku adalah hal yang istimewa. Terlebih lagi jika memberikan buku yang memuat karakter favoritnya dan desain dengan menarik. Dengan tips ini tentu si anak menjadi tidak sabar untuk segera membaca buku tersebut.

Beri contoh pada anak

Memetik Manfaat dari Memperkenalkan Buku pada Bayi - Tirto.ID

Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka, contohkan lebih dulu padanya bahwa Anda terbiasa membaca agar anak suka baca buku juga. Tidak perlu buku yang “berat”, ajak anak membaca buku bergambar bersama-sama atau bacakan dongengnya untuknya. Biasakan untuk membuat sesi membaca setidaknya satu jam dalam satu hari. Dengan begini, anak akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan, sehingga lama-lama ia akan terbiasa dan akhirnya membaca sendiri tanpa harus “disuruh”.

Biarkan mereka memilih apa yang mereka baca

Besarnya Manfaat Memberikan Buku Anak untuk Si Kecil

Mengajarkan anak rajin membaca tidak hanya sekedar memberikan buku bacaan untuk mereka baca. Biarkan mereka memilih buku atau materi bacaan yang akan mereka baca. Dengan memilih sendiri buku yang mereka baca, anak akan lebih semangat untuk melakukannya sendiri. Selain itu, Anda juga perlu membantu anak dalam memilih buku yang sesuai usia anak dengan topik yang menarik minat mereka untuk memicu hasrat membacanya.

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More