Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/.

Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada hubungannya dengan sedikit banyak pemasukan yang didapat. Untuk itu, orang dengan pemasukan atau penghasilan besar belum tentu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Begitu pun sebaliknya.

Oleh karenanya, penting untuk memahami tingkatan atau level keuangan sehingga kita dapat mengatur pengelolaan keuangan yang sesuai dengan penghasilan.

Berikut beberapa jenis level keuangan yang perlu Anda ketahui.

Pertama, financial ignorance

Adalah  sikap acuh, masa bodo, cuek, dan tidak peduli pada alur keuangan yang dimiliki.

Pada level ini, seseorang akan cenderung mengikuti alur keuangan atau memakai keuangan pada momen itu dengan membelanjakam barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Seseorang pada level financial ignorance juga paling mungkin menjadi korban penipuan, karena biasanya akan lebih mudah menanggapi tawaran atau janji yang memuaskan diri.

Kedua, financial anxiety

Jika Anda adalah orang dengan penghasilan, tetapi tetap memiliki kekhawatiran, kecemasan, dan rasa takut terhadap kondisi keuangan maka anda masuk ke dalam level financial anxiety.

Terdapat dua hal yang menyebabkan seseorang berada pada level ini, yaitu;

1) kurang memahami perihal perencanaan keuangan

2) penghasilan yang kurang mencukupi

Ketiga, financial maturity

Pada level financial maturity, seseorang biasanya sudah memahami diri sendiri sehingga dapat dengan mudah mengambil keputusan yang baik perihal keuangan.

Jika Anda tahu kalau tidak boleh boros dan telah menjalankan keuangan sesuai perencanaan, maka anda adalah seorang yang telah masuk dalam level financial maturity.

Sahabat MQ, Anda sedang di level keuangan yang mana?

 

(Konten ini disiarkan dalam program MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More