Tiga Lalapan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sahabat MQ, bagi sebagian orang, lalapan hanyalah sekadar pelengkap makanan. Akan tetapi, bagi sebagian lain, sayuran yang dihidangkan mentah tersebut merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan.

Beruntunglah bagi Anda yang gemar makan lalapan. Karena, selain membuat nafsu makan bertambah, beberapa jenis lalapan ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan, terutama di kondisi pandemi saat ini.

Berikut tiga lalapan yang baik untuk daya tahan tubuh.

Pertama, selada

Selada adalah salah satu sayuran yang baik dimakan mentah karena mengandung serat, berbagai vitamin, dan mineral. Penelitian menyatakan, jika selada memiliki antioksidan yang berguna untuk menangkal efek radikal bebas secara signifikan.

Perkembangan virus dan bakteri pun diketahui dapat ditangkal oleh selada, karena kandungan enzim glukanase dan cardenolides didalamnya yang berperan meningkatkan metabolisme tubuh.

Kedua, kemangi

Lalapan yang memiliki wangi khas ini, bermanfat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Karena, kandungan flavonoid atau apigenin di dalamnya. Beberapa penelitan juga telah mengungkapkan jika kemangi dapat digunakan untuk mengatasi gejala flu, diare, sakit kepala, cacingan, hingga penyakit ginjal.

Ketiga, mentimun

Lalapan yang tinggi kandungan air ini mengandung flavanoid dan tanin yang bersifat antioksidan. Dikutip dari jurnal free radical, antioksidan pada mentimun bisa menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, senyawa polifenol yang terkandung dalam mentimun juga dapat menurunkan risiko terserang penyakit kronis seperti kanker.

Jadi, semakin semangatkah Anda untuk mengonsumsi sayuran?

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen ‘MQPedia’, setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

 

ARTIKEL TERBARU