Tiga Hal Penting yang Perlu DIpikirkan Sebelum Resign

Sahabat MQ, resign atau berhenti bekerja bukan merupakan keputusan yang mudah. Terdapat berbagai alasan yang bisa menjadi penyebab seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, seperti ada penawaran kerja yang lebih baik, lingkungan kerja yang toxic, atau gaji yang terlalu rendah.

Agar tidak menyesal, sebaiknya kita perlu memperhatikan beberapa hal yang penting sebelum berpikir untuk resign. Berikut tiga hal penting yang perlu dipikirkan sebelum resign:

Pertama, siapkan biaya hidup selama mencari pekerjaan baru

Selama proses job hunting, Anda perlu menyiapkan biaya hidup hingga mendapatkan pekerjaan yang baru, salah satunya dengan menggunakan dana darurat secukupnya untuk menutupi biaya hidup secara minimal.

Untuk alokasi dana darurat, Anda bisa menempatkan di instrumen yang aman, likuid atau mudah dicairkan, dan mudah diakses. Beberapa alternatifnya adalah tabungan di bank atau emas.

Kedua, perhatikan ketentuan resign di tempat kerja

Setiap perusahaan bisa saja memiliki ketentuan tentang resign yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat mengecek kembali kontrak kerja atau perjanjian kerja terkait dengan ketentuan resign yang ada.

Ketiga, perhatikan kondisi mental

Tidak hanya persiapan kondisi keuangan, kondisi mental juga perlu diperhatikan. Biasanya, orang yang pada awalnya mengira bahwa mereka sudah siap untuk resign, pada kenyataannya belum tentu benar-benar siap secara mental. Apalagi jika sudah terbiasa dengan berbagai fasilitas dan kemudahan saat bekerja. Oleh karena itu, sebelum resign, tanyakan pada diri, ‘seberapa kuat mental diri ketika menghadapi kondisi setelah resign‘.

Sahabat MQ, sebelum memutuskan keluar dari tempat pekerjaan sekarang, maka pikirkanlah dengan baik dan matang agar tak salah langkah.

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia setiap Senin-Jumat Pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU