Stress ditengah Pandemi Covid 19 ? Coba Makanan dan Minuman Ini Agar Lebih Tenang

Pandemi covid-19 yang mengharuskan Anda berdiam diri di rumah tentu membuat Anda merasa jenuh dan stress. Berbagai macam kegiatan produktif di dalam rumah semaksimal mungkin Anda lakukan namun lambat laun membosankan. Inspirasi siang kali ini ingin  menyajikan beberapa makanan penghilang stress di tengah pandemi untuk sahabat MQ. Ada apa saja makanan tersebut ?

Salmon

Hasil gambar untuk salmon

Salmon sudah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan otak karena kandungan vitamin D serta asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Selain itu, asam lemak jenis ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang dapat mengakibatkan kecemasan. Mengonsumsi EPA dan DHA dalam jumlah cukup dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi pada perubahan, serta membantu mengatasi stressor yang dapat memicu rasa cemas. Sementara, vitamin D berperan untuk meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin yang dapat memberikan rasa nyaman dan tenang.

Kerang

Hasil gambar untuk kerang

Kerang dan tiram merupakan makanan yang akya akan vitamin B12 dan Omega-3. Kedua makanan tersebut memiliki nutrisi penting dalam diet yang berhubungan dengan kecemasan yang lebih rendah, kata Ramsey.Vitamin B, termasuk vitamin B12, dapat membantu menjaga sistem saraf, dan stres yang dapat menyebabkan sedikit peningkatan dalam kebutuhan tubuh akan vitamin B, jelas Martha McKittrick, ahli diet di New York yang memberikan konseling nutrisi dan pelatihan kesehatan untuk warga New York yang sedang stres. Kekurangan vitamin B dapat meningkatkan risiko munculnya gejala stres seperti mudah tersinggung, lesu, dan depresi. B12 memang tidak diproduksi oleh tumbuhan. Makan, jika Anda vegan, Anda harus tetap memastikan bahwa Anda mengonsumsi vitamin B12 dari makanan yang difortifikasi atau dari suplemen yang mengandung B12.

Vitamin C

Paprika merah atau hijau, jeruk, jeruk bali, dan kiwi dapat Anda konsusi untuk mendapatkan nutrsisi vitamin C. Vitamin C dalam dosis tinggi memiliki efek antidepresan dan dapat memperbaiki suasana hati serta dapat membantu dalam mengobati gangguan terkait sres. Penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi kecemasan di kalangan siswa sekolah menengah. Untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda, usahakan untuk memasukkan satu makanan yang kaya akan vitamin C dalam makan besar dan dalam camilan Anda.

Cokelat Hitam

Hasil gambar untuk cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid, yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke otak, serta meningkatkan kemampuan otak dalam menghadapi situasi yang memicu stress. Mengonsumsi cokelat hitam juga mampu meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin, yang juga berperan untuk mengurangi rasa cemas dan stress. Yang perlu kamu ingat adalah, cokelat hitam akan lebih efektif juga dikonsumsi dalam jumlah sedang, sekitar 1-1,5 ons. Hindari mengonsumsi cokelat hitam secara berlebihan, karena kandungan kalori yang cukup tinggi dapat mempengaruhi berat badan.

Yogurt

Hasil gambar untuk yigurt

Yogurt, kombucha, kefir, tempe, dan sauerkraut adalah makanan fermentasi yang mengandung bakteri ramah yang disebut pribiotik yang memiliki kemampuan untuk mengurangi stres dan kadar kortisol. Uji coba terkontrol secara acak menampilkan probiotik menunjukkan hubungan kausal antara mikrobiota usus dan respons stres. Menurut penelitian, makanan fermentasi juga dapat membantu mengurangi kecemasan sosial seperti rasa malu. Makanan yang kaya probiotik ini juga dapat membantu mengendalikan pikiran negatif yang berhubungan dengan suasana hati yang buruk.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More