Sering Insomnia ? Obat Tidur Alami Ini Bisa Anda Coba, Minim efek Samping

Insomnia adalah kondisi yang menggambarkan dimana seseorang kesulitan untuk tidur. Kondisi ini bisa meliputi kesulitan tidur, masalah tidur, sering terbangun di malam hari, dan bangun terlalu pagi. Kondisi ini mengakibatkan perasaan tidak segar pada siang hari dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari – hari dan tidak tercukupinya kebutuhan tidur yang baik.

Dalam kesehatan kondisi tidur yang baik itu biasanya berlangsung sekitar 6 hingga 9 jam. Jumlah tidur yang seseorang butuhkan adalah yang cukup bagi seseorang untuk membangkitkan perasaan segar dan dapat beraktivitas secara optimal di siang hari. Dan jumlah tidur pada seseorang lebih banyak berubah ketika akan beranjak dewasa.

Gangguan ini dapat bersifat sementara atau menetap. Periode singkat atau sementara insomnia paling sering dikarenakan kecemasan. Sedangkan pada insomnia menetap merupakan keadaan yang cukup sering ditemukan dengan masalah yang paling sering, yaitu kesulitan untuk jatuh tertidur. Insomnia juga dapat dibagi menjadi 3 tipe berdasarkan lama terjadinya, yaitu transient insomnia yang hanya berlangsung 2 sampai 3 hari, shortterm insomnia
berlangsung hingga 3 minggu dan longterm insomnia yang dapat terjadi dalam waktu lebih lama, ini biasanya disebabkan oleh kondisi medis atau psikiatri tertentu.

Dibanding minum obat untuk mengatasi insomnia, Anda dapat beralih ke tanaman herbal ketika susah tidur. Mengonsumsi tanaman herbal untuk insomnia tentunya lebih baik untuk kesehatan apabila dibandingkan dengan obat karena terbuat dari bahan-bahan alami. 

Beberapa Pilhan Obat Tidur Alami

Jika Anda mengalami keluhan susah tidur, bahan-bahan di bawah ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat tidur alami:

Susu

Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Lebih Rileks, Apa Alasannya?

Manfaat susu sebagai pengantar tidur nyatanya bukan sekadar isapan jempol. Menurut suatu riset, susu diketahui dapat merangsang produksi hormon melatonin di otak. Hormon ini berperan dalam mencetuskan rasa kantuk, sehingga bisa membuat Anda lebih mudah tertidur.

Meski manfaat tersebut butuh diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya membiasakan diri minum segelas susu hangat sebelum tidur. Namun, pastikan susu yang Anda minum telah melalui proses pasteurisasi dan tidak mengandung banyak gula.

Teh Bunga Chamomile

10 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Anda

Chamomile merupakan obat tidur alami yang diperaya ampuh mengatasi insomnia sejak zaman dahulu. Anda bisa menemukan bahan alami ini di pasaran yang telah diolah menjadi teh, ekstrak, hingga minyak aromatik. Teh bunga chamomile dikenal sebagai obat tidur alami lantaran mampu menenangkan tubuh seseorang. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan susu, madu atau irisan lemon supaya tubuh lebih sehat dan bugar ketika bangun pada pagi hari.

Makanan Tinggi Magnesium

Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan - Jovee.id

Magnesium adalah mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat magnesium adalah untuk membantu mengatur siklus dan kualitas tidur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian. Pria dewasa dianjurkan untuk mendapatkan sekitar 350 mg magnesium tiap harinya, sedangkan wanita dewasa 300-320 mg. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium seperti dark chocolate, alpukat, pisang, dan tahu.

Bunga lavender

Khasiat Aroma Lavender untuk Parfum, Redakan Stres dan Kecemasan - Cantik Tempo.co

Bunga berwarna ungu ini memiliki aroma yang diklaim bisa membuat Anda merasa rileks. Saat ini, banyak produk yang terbuat dari lavender, misalnya minyak aromaterapi atau lilin, yang efektif digunakan oleh wanita dan anak-anak selama 30 menit sebelum tidur untuk menimbulkan rasa kantuk.Riset pun membuktikan lavender memiliki efek yang sama seperti obat tidur konvensional, namun dengan efek samping yang lebih sedikit.

Tomat

9 Manfaat Tomat, Buah yang Disangka Sayur - Alodokter

Tomat adalah salah satu bahan alami yang mudah didapatkan di pasaran. Jenis sayuran ini ternyata mampu memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya mengatasi insomnia. Tomat memiliki kandungan melatonin yang tinggi sehingga dapat mengendalikan siklus tidur seseorang. Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung seperti memakan buah apel. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothie.

ARTIKEL TERBARU