Semua Akan Baik-Baik Saja Selama Kita Menjadi Orang Baik

Tidak ada alasan untuk berbuat jahat dan tidak ada alasan pula untuk menolak berbuat baik, sebagai manusia, kita harus menjadi pribadi yang baik di mata Allah dan di mata seluruh alam semesta. Menjadi orang baik, akan membuat hidup kita menjadi tentram. Allah tidak akan pernah menghianati orang-orang yang berbuat baik dan selalu berada di jalan-Nya.

Sahabat MQ, kebaikan memang butuh perjuangan serta sering bertentangan dengan hawa nafsu dan keinginan kita. Berbuat baik memang harus mengalahkan sifat ananiyyah (ego) kita. Karena perbuatan baik itu juga balasannya sangat baik dan besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun jika kita pandai dan ikhlas memaknai hidup, maka menjadi orang yang baik bukanlah hal yang sulit.

Beberapa orang mungkin pernah merasakan atau sedang menjalani fase kehidupan yang sungguh berat dan menyakitkan. Hidup seperti alur drama yang tak kunjung berkesudahan. Apalagi bagi diantara kita yang kurang bersyukur, pasti akan menganggap bahwa kehidupan ini sebagai sebuah kutukan yang sungguh sadis. Padahal, jika kita selalu menjadi orang baik, berbuat baik, berpikir baik kepada Allah, semua hal yang terjadi pada diri kita akan baik-baik saja.

Sahabat MQ, Allah memberi perhatian lebih pada perintah untuk berbuat baik. Bahkan, Allah mempunyai cara yang indah untuk memotivasi seseorang agar selalu berbuat baik. Sampai tak ada lagi alasan seseorang untuk tidak berbuat baik. Allah swr. berfirman dalam QS. Al-Qashas ayat 77:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

Terjemah: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Melalui ayat di atas Allah menitipkan pesan kepada kita agar senantiasa berbuat baik kepada orang lain dan tidak membuat kerusakan di muka bumi. Sebab membuat kerusakan adalah perbuatan yang buruk serta akan menghasilkan hal yang buruk pula. Jika kita selalu berbuat baik, maka semua yang terlintas di jalan kita akan baik-baik saja.

Sahabat MQ, Kenapa kita harus selalu berbuat baik ?

Sebagai manusia kita harus selalu berbuat baik sebab,  setiap hari Allah selalu mencurahkan kebaikan untuk kita. Sejak mata ini terbuka di pagi hari, Allah telah memberi kebaikan berupa udara yang segar, kekuatan untuk bangun, kemampuan untuk melihat dan semua pemberian yang mustahil dapat kita hitung. Kebaikan-kebaikan yang Allah berikan adalah bentuk kasih sayang kepada kita, oleh sebab itu, hati kita harus selalu tergugah untuk berbuat baik kepada siapapun untuk membalas segala kebaikan Allah.

Sahabat MQ, setelah kita membalas kebaikan Allah dengan kembali berbuat baik kepada seluruh ciptaan-Nya, Allah akan memberikan hal-hal yang jauh lebih baik dari pada apa yang telah kita perbuat. Bayangkan, betapa Allah berkali-kali lipat memberikan kebaikannya untuk orang-orang yang baik. Oleh sebab itulah, semua akan baik-baik saja jika selalu menjadi orang baik.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِنْهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Terjemah:” Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu, melainkan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. Al-Qashas ayat 84

Dari firman di atas, kita bisa melihat betapa Allah membedakan balasan untuk orang yang baik dan jahat. Allah tidak akan membuat amalan baik kita menguap hilang dan sia-sia melebur dengan udara. Allah akan mengabadikan sekecil apapun kebaikan kita. Oleh sebab itu, marilah selalu berbuat baik untuk siapapun yang ada di alam semesta, sebab Allah sangat menyukai kebaikan.

Sahabat MQ, janganlah takut untuk berbuat hal baik, teguhkan keimanan agar kita tak pernah ragu bahwa apa yang kita lakukan akan membawa keuntungan besar dan ketentraman yang tidak ada taranya dibanding kesusahan kita dalam melaksanakannya. Maka dengan keimanan inilah kita akan dapat mengendalikan hawa nafsu dan sekaligus bisa kuat untuk istiqomah di atas kebaikan tersebut.

ARTIKEL TERBARU