Selayang Pandang Dua Dekade MQFM

Sahabat MQ, kita kerap merasa radio adalah teman, bahkan sahabat yang menemani setiap langkah perjalanan hingga perjuangan.

Begitu pun dengan Radio MQFM Bandung, yang selalu hadir menemani Anda setiap harinya. Hingga hari ini, tepatnya 1 Agustus 2021, genap sudah dua dekade lamanya MQFM menjadi teman ruang dengar Anda.

Tahukah Anda bagaimana sejarah Radio MQFM Bandung? Dalam edisi Dua Dekade MQFM ini, kami telah mewawancarai Direktur MQFM Bandung Dwi Prahesti, mengenai sejarah MQFM Bandung dari awal mula berdiri hingga saat ini.

Bagaimana awal mula berdirinya Radio MQFM Bandung?

Hadirnya Radio MQFM terinspirasi dari sebuah sarana dakwah yang ada di Pesantren Daarut Tauhiid, yaitu Radio Umat dengan frekuensi 102.65 AM.

Radio Ummat dibangun dari kencleng pendengar MQ Pagi yang disiarkan pada 1999. Dan pertama kali mengudara pada bulan Ramadan 1420 Hijriyah, tepatnya pada tanggal 9 Desember 1999.

Mengapa berganti dari Radio Ummat AM menjadi Radio MQFM Bandung?

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan umat, dan mengoptimalkan kualitas siaran, maka siaran radio tidak lagi di frekuensi AM.

Kemudian dibangun secara legal formal di Radio Manajemen Qalbu atau MQFM yang berfrekuensi di 102.65 FM. 

Kapan pertama kali Radio MQFM Bandung mengudara?

Pertama kali Radio MQFM mengudara tepatnya pada 1 Agustus 2001. Radio MQFM Bandung didirikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar pada tanggal 1 Agustus 2001. Dulu studio pertama di Jalan Gegerkalong Girang no. 32 Bandung.

Mengapa MQFM hadir sebagai radio islam?

Salah satu alasan MQFM Hadir di tengah masyarakat adalah untuk menyejukkan hati dan memberikan hikmah. 

Konsep dakwahnya saat itu menggunakan nasyid dan musik positif. Namun, di samping itu juga sudah banyak diputar atau disiarkan alunan murottal Alquran dari para Qari lokal, nasional, dan internasional.

Selain mengisi ruang dengar sahabat MQ, semua program MQ menjadi pilihan baru dan warna dari radio yang sudah ada.

Dulu frekuensi MQFM di 102.65 lalu sekarang beralih ke 102.7, mengapa berganti frekuensi?

Pada tahun 2004 freluensi berubah ke 102.7 karena adanya pembenahan channel dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

Kemudian, pada pertengahan tahun 2008, studio MQFM beralih ke Jalan Gegerkalong Girang Baru no. 11 Bandung.

Bagaimana posisi/ kehadiran Radio MQFM di kota Bandung?

Alhamdulllah, di tahun 2010, MQFM mulai menduduki peringkat 5 besar berdasarkan hasil survei radio di Kota Bandung. Salah satunya, pada tahun 2010, MQFM pertama kali masuk 6 besar di survei Markplus Insight.

Oleh karena itu, untuk mempertajam siaran, sejak tahun 2010, MQFM mengusung tagline radio inspirasi dan motivasi. 

Mengapa beralih menjadi radio keluarga islam?

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2010 – 2012, kami mulai menemukan bahwa yang menjadi kebutuhan dari sahabat MQ itu adalah untuk menginspirasi dan memotivasi keluarga, karena objek dakwah terkecil dimulai dari mulai dari diri dan keluarga.

Oleh karena itu, sejak tahun 2012, MQFM mengusung tagline inspirasi keluarga indonesia. Tagline ini diambil untuk menegaskan posisi radio MQFM di indonesia dan keluarga sebagai poros terbentuknya sebuah negara, menjadi hal yang esensial untuk diperhatikan lebih.

Karena, jika ingin mengubah suatu negara, bangsa atau kelompok besar, maka dimulai dari keluarga.

Apa objeknya atau hal apa yang didakwahkan oleh MQFM?

Sejak awal yaitu dakwah tauhid. Dan dampak atau outputnya adalah perubahan akhlak menjadi lebih mulia. Karena, apabila sebuah keluarga sudah kuat, maka negara itu akan kuat juga.

Bisa dikatakan dakwah kita berasal dari sebuah keluarga, kemudian akan mewarnai masyarakat, maka akan lahirlah masyarakat yang berakhlak mulia dan akhirnya negara pun akan menjadi lebiu baik.

Berawal dari saat itu sampai dengan saat ini, program-program di MQFM terus berinovasi, dan terus kami lakukan peningkatan kualitas, agar program-program tersebut benar-benar dapat menginspirasi pendengar dan membangun keluarga.

Satu value/nilai yang luar biasa yang disampaikan di Radio MQFM itu adalah semuanya mengandumh nilai-nilai Islam sebagai sumber motivasi, sumber inspirasi, dan mengambil dari nilai-nilai islam yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasalam.

Apa Visi dan Misi MQFM?

Berbicara tentang sebuah  media atau perusahaan yang bergerak di dunia penyiaran, MQFM juga memiliki visi dan misi.

  • Visi : menjadi media perubahan diri, keluarga, dan masyarakat menuju akhlak mulia

Radio MQFM, konten, dan dengan inspirasi dan motivasinya yang disampaikan di setiap program, bertujuan agar ada perubahan dal diri, keluarga dan masyarkat terhadap akhlaknya menjadi lebih mulia.

  • Misi :
  1. Memberikan inspirasi dan motivasi untuk memaknai hidup dengan memberikan yang terbaik.
  2. Memberikan inspirasi dan motivasi penanaman nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga, jika sahabat MQ mendengar siaran dari sejak awal MQ berdiri, perkembangan programnya hingga saat ini sebetulnya hanya dua hal yang kami ingin sampaikan;

Pertama untuk memaknai hidup agar memberikan yang terbaik, baik sebagai hamba Allah, sebagai seorang ayah/ibu, anak, dan warga masyarkat. Sehingha memilikitugas dengan memberikan yang terbaik.

Kedua, konten di radio harus bisa diamalkan dalam kehidupan sehati hari oleh pendengar dan pengelolanya.

Apa pesan yang ingin disampaikan untuk pendengar MQFM?

Perjalanan mengelola MQFM masih belum selesai. Kami masih berusaha berjuang untuk memberikan yang terbaik.

Oleh karnanya, mohon doa dan dukungan, semoga Allah memberikan kemampuan kepada kami, sebagai pengelola radio, agar bisa ikhlas, memberikan yang terbaik, dan mengamalkan apa yang selama ini kami dakwahkan melalui radio.

Bagi sahbat MQ yang ingin memberikan saran, kritik boleh disampiakan melalui nomer MQFM atau kontak ke manajemen MQFM. Semoga masukan yang bisa membangun dapat kami penuhi segera. Namun, jika ada beberapa hal yang dipertimbangkan insyaAllah menjadi rekomendasi dan input bagi kami terus memperbaiki diri.

Terima kasih telah setia menjadi pendengar MQFM. Semoga allah karuniakan keistiqomaham untuk kita semua dan semoga kebersamaan yang kita bangun saat ini l, semoga suatu saat kita bersama berlkumpul di surganya Allah. Aamiin.

Demikianlah sahabat MQ, sebagian cerita tentang perjalanan MQFM Bandung.

Sahabat MQ, semoga hadirnya kami senantiasa menjadi pengikat ukhuwah dalam perjalanan mencari ridha Ilahi.

Dua dekade mengudara, kuatkan ukhuwah melangkah bersama MQFM.

ARTIKEL TERBARU