Sayang Kalau Dibuang, Ini Manfaat Teh Celup Bekas

Teh celup tentunya menjadi minuman pilihan di pagi hari ataupun malam hari. ika cuaca panas, kamu bisa minum es teh supaya untuk membuat suasana lebih adem. Tapi bila suasana sedang hujan dan kamu sedikit kedinginan, seduh hangat di cangkir, dan nikmati sambil bergulung dalam selimut. Selain nikmat, manfaat minum teh celup juga menyehatkan badan.

Tidak hanya sampai di sana manfaat teh celup untuk kita, ternyata ada rahasia dibalik teh celup setelah selesai digunakan. Kebanyakan orang pasti akan langsung membuang bekas teh celup setelah selesai menggunakannya untuk membuat minuman teh. Namun ternyata, bekas teh celup ini masih bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang punya khasiat bagi tubuh manusia. Perlu diketahui, kandungan yang terdapat pada ampas teh sama halnya dengan apa yang ada pada daun teh sebelumnya, di antaranya dapat menyembuhkan mata yang lelah, menyuburkan rambut, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa manfaat teh celup bekas yang sayang banget kalau kamu lewatkan:

Melembabkan kulit

Hasil gambar untuk teh celup untuk melembabkan kulit

Dengan menempatkan kantong teh celup bekas yang masih basah di kulit, bisa membantu melembapkan kulit selepas terkena sinar matahari. Kandungan pada teh secara efektif membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet B (UVB). Untuk hasil yang lebih maksimal, letakkan kantong jenis teh hijau pada kulit 30 menit sebelum terkena sinar matahari. Selain itu, kantong teh celup bekas bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti mengurangi peradangan.

Menyamarkan mata lelah

Hasil gambar untuk teh celup untuk mata lelah

Lingkaran hitam di sekitar mata yang disebabkan karena kurang tidur ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan ampas bekas teh celup. Kandungan antioksidan dan tannin sebagai astringent dalam teh dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata. Selain itu, vitamin K dalam teh celup dapat membantu meringankan kantung di bawah mata, yang nantinya bisa tersamarkan. Caranya Letakkan 2 kantong teh bekas di dalam kulkas selama 30 menit. Tempatkan kantong teh yang dingin di kelopak mata yang tertutup. Tunggu selama 15 menit, lakukan secara rutin hingga dua kali sehari.

Sehat untuk Rambut

Hasil gambar untuk teh celup untuk rambut

Teh hijau mengandung vitamin B, C dan E yang bermanfaat untuk menangani masalah rambut rontok. Cukup rendam tiga atau empat kantung teh bekas jenis teh hijau dalam air hangat, lalu basahi kulit kepala dengan air tersebut. Jangan langsung dibilas, tapi diamkan beberapa saat. Cara ini dilakukan setelah selesai keramas.

Obat Gatal digigit Serangga

Hasil gambar untuk teh celup untuk obat gatal

Digigit semut atau serangga biasa mungkin tidak berbahaya. Paling banter kamu hanya akan merasa gatal dan muncul bentol kecil yang nanti akan hilang sendiri. Tapi tetap saja rasa gatal itu tidak nyaman. Kantong teh yang berisi ampas teh ini mengandung zat antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan di kulit. Kalau kamu digigit serangga, segera tempelkan kantong teh bekas yang masih hangat. Dengan begitu rasa gatal dan kemerahan di kulitmu akan mereda.

Mengobati sakit gigi dan gusi

Hasil gambar untuk teh celup sakit gigi dan gusi

Bila gigi goyang, segera gigit kantong teh celup dengan gigi itu. Gunakan kantong teh jenis apa saja dan lakukan cara ini sampai tiba di dokter gigi. Sisa-sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit periodontal (gusi), menurut American Academy of Periodontology. Selain itu, kantong teh hitam yang diletakkan di mulut juga dapat membantu menyembuhkan sariawan. Jadi, jangan lagi buang kantong teh celup bekas bila mengalami sejumlah masalah gigi dan gusi.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More