Resep Jus Sayuran Hijau yang Bikin Enteng Badan

Sayuran merupakan sebutan umum bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus atau diuapkan.

Sayur-sayuran didefinisikan sebagai bagian dari tanaman yang umum dimakan untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Tanaman sayuran adalah tanaman budidaya yang terdiri dari tanaman sayuran buah, tanaman sayuran daun dan tanaman sayuran umbi. Sayur-sayuran dapat dibedakan atas: daun (kangkung, katuk, sawi, bayam, selada air, dll), bunga (kembang turi, brokoli, kembang kol, dll), buah (terong, cabe, paprika, labu, ketimun, tomat, dll), biji muda (kapri muda, jagung muda, kacang panjang, buncis, semi/baby corn, dll), batang muda (asparagus, rebung, jamur, dll), akar (bit, lobak, wortel, rhadis, dll), serta sayuran umbi (kentang, bawang bombay, bawang merah, dll).

Salah satu pengolahan sayuran hijau yang belum disebutkan di atas adalah dengan mengolahnya sebagai jus (minuman). Jus sayuran hijau dapat membuat tubuh menjadi sehat dan juga terasa lebih enteng. Bagi yang tak suka makan sayur, mengonsumi jus sayuran sehat dapat menjadi pilihan. Meski jumlah seratnya berkurang, setidaknya vitamin dan mineral di dalamnya masih cukup untuk memberi manfaat bagi tubuh. Dengan rutin mengonsumi jus sayuran hijau atau green juice, tubuh akan terasa lebih ringan dan jauh dari penyakit musiman, seperti flu. Selain itu, jus sayuran enak dan sehat pun bisa membantu mengontrol berat badan.

Sahabat MQ, membuat jus segar dari sayuran hijau dan mentah memang butuh trik khusus. Terlebih ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak boleh dicampur untuk dijadikan jus, misalnya jeruk dan wortel. Kamu mesti hati-hati dalam mengolah jus sayuran hijau. Berikut beberapa resep jus sayuran hijau yang tidak mengurangi manfaat kandungannya:

Jus bayam dan mangga ampuh atasi perut begah akibat kebanyakan ngemil

kamu yang doyan ngemil pasti sering ‘kan mengalami perut begah? Hal ini terjadi lantaran terlalu banyak makanan yang masuk dalam perutmu. Lantaran tidak bisa sekaligus dicerna, perut jadi teras sesak dan berat. Nah, coba deh mulai kontrol makan dengan cukup menyantap jus ini saja.

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih dan potong-potong 1 ikat bayam
  • Siapkan 3 buah mangga potong dadu
  • Tambahkan 1 gelas air, lalu blender hingga semua halus

Campuran bayam, kiwi, seledri, apel dan juga jahe mampu mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah

Walau tak spesifik bisa jadi jus sayuran untuk diet, setidaknya campuran beberapa bahan ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang kaya untuk suplai kesehatan.

Bahan-bahan:

  • 1/2 cup daun dayam
  • 1/2 buah kiwi
  • 1 sdt perasan lemon
  • 2 batang daun seledri
  • 1 buah apel Granny Smith
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 250 ml air

Cara membuat: Campur semua bahan lalu blender sampai halus. Saring, tuang ke dalam gelas, lalu sajikan. Kalau pengin manis, tambahkan madu ke dalam jusnya.

Biar badan kembali ringan dan segar, ganti menu sarapanmu dengan jus buah pir dan daun ketumbar

Daun ini ternyata punya khasiat hebat untuk menekan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dan vitaminnya juga bagus buat pencernaanmu. Membuat minuman ini gampang banget. Kamu hanya perlu mengambil segenggam daun ketumbar yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Lalu, tambahkan 3 buah pir potong, 3 buah aprikot potong, dan 3 gelas air. Nyalakan blender dan biarkan semua bahan halus sempurna.

Pakcoy, daging kelapa, nanas, dan kurma merupakan satu kombinasi tepat sebagai jus sayur untuk diet yang sehat

Selain kurma, kamu dapat menggunakan madu atau gula stevia sebagai pemanisnya.

Bahan-bahan:

  • 6 lembar pakcoy tanpa batang
  • 150 gr nanas madu
  •  100 gr daging kelapa
  • 2 buah kurma
  • 300 ml air

Cara membuat: Masukkan semua sayur dan buah ke dalam blender. Haluskan, saring, lalu tuang dalam gelas saji. Agar rasa jus buah sayur lebih nikmat, airnya boleh diganti dengan air kelapa muda.

Supaya pencernaan lancar dan perut lebih longgar, rutinlah minum jus pisang plus daun selada segar

Daun selada ternyata tidak hanya untuk lalapan saja. Selada memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat berperan aktif dalam proses pencernaan makanan. Meski tidak instan membuat tubuhmu menjadi ramping, pencernaan yang sehat adalah kunci dari berat badan yang terkontrol. Yang pasti, kamu tidak perlu repot membuatnya. Siapkan seikat daun selada yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Lalu, kupas dan potong 3 buah pisang. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan blender semua bahan hingga halus.

Sahabat MQ, itulah beberapa resep jus sayuran hijauh yang bisa sahabat MQ sajikan di rumah untuk meningkatkan kesehatan sahabat MQ dan keluarga. Mengonsumsi sayuran hijau dengan di jus yang dicampur buah akan membuat sayuran hijau terasa lebih enak. Selamat mencoba.

ARTIKEL TERBARU