Resep Jahe dan Cengkeh yang Siap Menghangatkanmu Ketika Hujan, Selamat tinggal Kedinginan …

Disaat hujan  turun tidak hanya membangkitkan kenangan. Tapi juga mengingatkan pada mantan. Eh! canda mantan. Hujan memberikan hawa dingin. Tak jarang sampai menusuk tulang. Kamu harus mencoba minuman satu ini: jahe dan cengkeh. Ditegukan pertama, kamu akan langsung merasakan kehangatan.

Bagian utama pada jahe yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Rimpang jahe digunakan secara luas sebagai bumbu dapur dan obat herbal untuk beberapa penyakit. Rimpang jahe mengandung beberapa komponen kimia yang berkhasiat bagi kesehatan. Jahe segar digunakan sebagai anti muntah (antiematic), anti batuk (antitussive/expectorant), merangsang pengeluaran keringat, dan menghangatkan tubuh.

Perpaduan jahe dan lemon sudah biasa. Kamu mungkin kerap pula mendengar minuman jahe dan jeruk nipis. Jarang diketahui dan kurang populer tapi sebenarnya jahe dan cengkeh tak kalah nikmat dan berkhasiat. Apa saja manfaat minuman ini?

Kamu pasti merasakan pedas saat menyesap minuman jahe. Ternyata berasal dari kandungan Gingerol. Awalnya memang pedas, setelah itu kamu akan merasa hangat. Kamu mungkin bertanya-bertanya: mengapa minuman jahe bisa menghangatkan tubuh? Berbeda dengan rempah lainnya, jahe mempunyai kandungan senyawa Gingerol  yang menghasilkan rasa pedas yang khas. Tak mengherankan bila kamu merasa hangat usai mengonsumsi jahe.

Meskipun perpaduan  jahe dan cengkeh masih kalah tenar dari minuman lain, khasiatnya nggak main-main

Soal khasiat, minuman jahe dan cengkeh tidak perlu diragukan lagi. Selain menghangatkan tubuh, manfaat minuman jahe adalah mengurangi gelaja alergi, menurunkan berat badan, meringankan nyeri otot, meredakan nyeri menstruasi, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sementara itu cengkeh, salah satu rempah paling diburu oleh orang-orang Eropa pada masa penjajahan. rempah ini memang jarang dipakai dalam makanan atau minuman. Namun jangan disepelekan, cengkeh ibarat kecil-kecil cabe rawit. Si mungil banyak manfaat. Memberikan rasa yang unik dalam setiap masakan. Tidak hanya sebatas itu, cengkeh banyak manfaat. Mulai dari melncarkan pencernaan, mengurangi kadar gula darah, hingga menurunkan kolesterol.

Penderita asam lambung mungkin khawatir. Bila minum jahe dan cengkeh, asam lambungnya kumat. Tenang, justru minuman ini bisa jadi pilihan obat

Maag atau sakit lambung memiliki gejala khas berupa rasa nyeri atau pedih pada ulu hati meskipun baru saja selesai makan. Namun kalau rasa pedih hanya terjadi sebelum makan atau di waktu lapar dan hilang setelah makan,
biasanya karena produksi asam lambung berlebihan dan belum menderita sakit maag.

Menjadi penderita asam lambung pasti nggak enak. Makanan selezat apapun bakal tidak enak kalau asam lambung kumat. Nggak makan lapar, kalau makan malah mual. Tak sedikit penderita penyakit ini harus rutin mengkonsumsi obat untuk meredakan sakit. Nah, minuman jahe dan cengkeh ternyata bagus untuk penderita asam lambung.

Bila diolah bersamaan, kedua bahan ini akan memberikan manfaat yang mengagumkan. Manfaatnya dapat meredakan sakit akibat asam lambung naik. Misalnya ketika asam lambung naik, kamu bisa meracik sendiri minuman ini sebagai obat. Apalagi cara membuat minuman ini tergolong mudah. Bahan-bahannya pun gampang didapatkan.

Resep Jahe dan Cengkeh

Resep minuman ini hanya membutuhkan dua bahan utama: jahe dan cengkeh. Dua bahan lain yang perlu disiapkan adalah gula merah dan air. Pertama, kamu harus membakar jahe sampai wangi. Kemudian kupas atau geprek untuk dapatkan sarinya. Kedua, rebus air. Masukkan jahe, cengkeh, dan gula merah ke dalam air. Aduk rata. Tunggu sampai mendidih. Minuman jahe dan cengkeh sudah jadi deh!

ARTIKEL TERBARU