Regulasi Diri dengan Iman Beserta Amal Terbaik

Setiap orang mempunyai harapan dan cita-cita, serta berharap hidup sukses berkecukupan. Namun, terkadang apa yang diimpi-impikan seringkali tidak sesuai dengan harapan dan apa yang dicita-citakannya tersebut. Lantas tidak jarang orang tidak terima dengan keadaan tersebut yang berujung stress berkepanjangan, hingga depresi, serta membuat hidupnya menjadi sakit-sakitan. Karena itu, dalam hidup membutuhkan namanya seni menata hidup atau regulasi diri. Beberapa hal penting yang harus ditata dalam hidup adalah:

Kita adalah Hamba Allah

Dengan kita selalu mengingat bahwa kita adalah hamba Allah, maka kita akan senantiasa menata diri, mengadakan regulasi pada diri secara terus-menerut untuk menjadi hamba yang taat, menjadi hamba terbaik yang tidak pernah melalaikan perintah-Nya. Selalu dekat dengan Allah swt.

Kita adalah Pengikut Rasulullah SAW

Menata diri dengan meneladani sifat dan sikap terbaik Rasulullah SAW. Menjadi pengikut yang tidak membuat Rasulullah SAW bersedih. Menjadi pengikut yang mengaplikasikan kehidupan Rasulullah di jalan Allah. Rasulullah yang sudah berjuang untuk umat, maka umat harus membalasnya dengan perbuatan dan amalan-amalan terbaik.

Menjadi Peran Terbaik untuk Keluarga

Dengan menjadi peran terbaik dalam keluarga,kita akan belajar untuk menjadi pemeran terbaik pula di lingkungan masyarakat. Karena keluarga merupakan tempat belajar pertama bagi manusia, tempat diperkenalkannya berbagai hal pertama kali dalam hidup. Jika kita sudah terbiasa mengambil peran terbaik untuk keluarga, maka kita akan terbiasa berbuat baik kepada siapa pun yang ada dikeliling kita.

Makhluk Sosial dengan Manfaat Terbaik

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak bisa hidup sendirian. Manusia sejak lahir sampai masuk liang kubur selalu membutuhkan kehadiran orang lain selain dirinya. Jika manusia tidak berhubungan atau berinteraksi dengan sesama manusia lainnya, maka orang tersebut belum bisa dikatakan manusia. Sebagai makluk yang hidup dalam lingkungan sosial, maka manusia harus mampu menjadi manfaat yang terbaik bagi sesama.

Sahabat MQ, jika dilihat dari ke-4 penataan diri di atas, Mengapa manusia harus selalu melakukan yang terbaik ? sebab Allah swt berfirman dalam QS.Al-Mulk: 2

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Terjemah: “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun

Sumber: Radio 102,7 MQ FM Bandung, Rumahku Syurgaku, 10.00 WIB

ARTIKEL TERBARU