Pertimbangkan ini Sebelum Memulai Bisnis dengan Teman!

Sahabat MQ, memulai bisnis dengan teman yang sudah akrab tentu akan terasa menyenangkan dan bermanfaat. Namun, keputusan ini juga memiliki tantangan unik tersendiri.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar menjalankan bisnis dengan teman, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalon kerja sama.

Pertama, perhatikan komunikasi yang terjalin

Kemampuan berkomunikasi secara terbuka merupakan elemen esensial yang menyatukan hubungan apa pun, termasuk bisnis. Untuk itu, ketika Anda mempertimbangkan untuk membangun sebuah bisnis dengan teman, pastikan untuk menerapkan komunikasi yang profesionalsebagai rekan bisnis, karena hal itu berbeda dengan pola komunikasi yang biasa terjalin dengan teman.

Kedua, bangunlah kepercayaan satu sama lain

Dalam membangun bisnis, kepercayaan adalah hal krusial yang wajib dimiliki semua pihak. Untuk itu, sebagai teman, Anda perlu mengetahui, apakah teman anda dapat menjadi rekan bisnis yang dipercaya.

Pikirkan saat-saat di mana calon mitra bisnismu memenuhi janji, bekerja lebih keras, dan membantu untuk mencapai tujuan bersama. Jika Anda memiliki keraguan, sebaiknya jangan mengganggap hal tersebut tidak penting. Sebab, Anda dan teman Anda akan bekerja sama dalam membuat keputusan penting kedepannya.

Ketiga, pisahkan urusan pribadi dan bisnis

Agar bisnis anda tetap bertahan, maka tetapkan batas yang jelas antara hubungan pribadi dan profesional. Perlu diingat, Anda perlu membedakan antara jenis percakapan yang anda dan teman anda lakukan, khususnya kapan dan di mana.

Selain itu, pertimbangkan untuk membuat alamat email atau grup yang digunakan khusus untuk bisnis dan jadwalkan rapat dengan agenda tertentu agar fokus tidak teralihkan.

Sudah siapkah Anda memulai bisnis dengan sahabatmu?

 

(Konten ini disiarkan dalam program MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad¬†shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More