Persiapan Menuju Puasa di Bulan Ramadhan

Awal puasa Ramadhan 2021 akan segera tiba nih sahabat MQ. Apa saja yang sudah sahabat MQ persiapkan?

Beberapa hal bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya puasa Ramadhan, seperti persiapan jiwa dan batin. Tak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba. Para umat Muslim pastinya menyambut kedatangan Ramadhan dengan penuh rasa bahagia, karena kesempatan umur yang Allah berikan. Meskipun belum ada penentuan tanggal dimulainya puasa 2021, umat Muslim sudah mulai untuk mempersiapkan diri menyambut bulan tersebut. Seperti yang diketahui bahwa ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dilipat gandakan. Maka dari itu, umat Islam berusaha untuk melakukan ibadah semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan ibadah di bulan ramadhan.

Hal-hal yang Dapat Dipersiapkan Sebelumnya Datangnya Awal Puasa Ramadhan

Berbagai persiapan dilakukan umat Islam dalam menyambut ibadah puasa. Tidak hanya persiapan materi, namun persiapan rohani juga diperlukan menuju bulan Ramadhan. Kebanyakan orang hanya berfokus pada persediaan makanan, pakaian, dan juga fisik, namun melupakan persiapan jiwa dan batin.

Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan menjelang datangnya bulan Ramadhan:

Perbanyak Doa dan Amalan

Persiapan Ramadan yang paling dasar adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara keimanan bisa  lakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari, berdoa kepada Allah untuk kesehatan dan keselamatan serta melakukan amalan-amalan terbaik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sesederhana memastikan Shalat Lima Waktu yang tidak pernah bolong, atau menghentikan kebiasaan merokok.

Menguatkan Niat

Ini Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Niat Puasa | Lembaga Informasi Komunikasi dan Publikasi Nahdlatul Ulama Jabar

Ibadah yang sempurna adalah ibadah dengan ikhlas dan tulus. Sebelum bulan Ramadhan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT.

Memperbanyak Membaca Al Quran

10 Adab Membaca Al Quran yang Patut Diperhatikan Agar Dapat Pahala

Membaca Al Quran tidak hanya mendapatkan pahala serta kebaikan, tetapi juga mendatangkan ketenangan hati dan pikiran. Dengan begitu, kita dapat menyambut datangnya bulan puasa dengan hati dan pikiran yang lebih baik.

Persiapan Fisik dan Jasmani untuk Puasa

Berbahayakah Olahraga Pakai Masker untuk Cegah Penularan Covid-19? Halaman all - Kompas.com

Bulan Ramadan adalah bulan di mana sahabat MQ sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan mengumpulkan pahala. Ditambah dengan ibadah Puasa, sudah pasti Sahabat MQ memerlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Jika sampai kamu jatuh sakit, tentu ibadah nggak akan jadi maksimal. Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Dengan mengonsumsi multivitamin, tubuh Sahabat MQ jadi tahan banting memasuki bulan Ramadan dan tidak gampang sakit. Sehingga tak ada halangan untuk berpuasa hingga akhir.

ARTIKEL TERBARU