Panggung Juara, Matematika Itu Mudah ! Ini tips Mudah Belajar Matematika

Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan atau menelaah bentuk-bentuk atau struktur-struktur yang abstrak dan hubungan-hubungan di antara hal-hal itu. Untuk dapat memahami struktur-struktur serta hubunganhubungan, tentu saja diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat di dalam matematika itu.

Matematika adalah salah satu ilmu yang sangat penting dalam dan untuk hidup kita.Banyak hal di sekitar kita yang selalu berhubungan dengan Matematika.Mencari nomor rumah seseorang, menelepon, jual beli barang, menukar uang, mengukur jarak dan waktu, dan masih banyak lagi. Karena ilmu ini sedemikian penting, maka konsep dasar matematika yang benar yang diajarkan kepada seorang anak haruslah benar dan kuat.Paling tidak hitungan dasar yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian harus dikuasai dengan sempurna.Setiap orang, siapapun dia, pasti bersentuhan dengan salah satu konsep di atas dalam kesehariannya.

Ada juga yang menyebutkan istilah mathematic (Inggris), mathematic (Jerman), mathematique (Perancis), matematico (Itali), mathematiceski (Rusia), atau mathematic/wiskunde (Belanda) berasal dari perkataan Latin mathematica, yang mulanya diambil dari perkataan Yunani, mathematike yang berarti “relating to learning”. Perkataan itu mempunyai akar kata mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowledge, science). Perkataan mathematika berhubungan sangat erat dengan sebuah kata lainnya yang serupa, yaitu mathanein yang mengandung arti belajar (berpikir).

Sebagian dari kamu pasti menganggap matematika itu pelajaran paling sukar. Padahal, sebenarnya tidak. Ilmu pasti ini selalu memberikan jawaban sesuai rumusnya, tak pernah meleset dari target.

Itu sebab, matematika punya keunikannya sendiri sebagai salah satu bidang keilmuan. Siapa pun jago berhitung biasanya sukses dalam hidupnya. Jika saat ini kamu masih membenci matematika, coba deh ikuti tips berikut ini!

Pertama rubah pola pikirmu, matematika itu tak sukar tapi pelajaran menyenangkan

Sudah Gak Sekolah Lagi, Tapi Masih Ingin Belajar? Begini Cara yang Mudah -  Cermati.com

Kalau kamu masih berpikiran bahwa matematika merupakan ilmu yang susah banget dipahami dan tidak menyenangkan, maka sebaiknya segera buang jauh-jauh pikiran tersebut. Sebab, pemikiran seperti itu bisa membuat sugesti pada diri sehingga kamu benar-benar tidak bisa mengerjakan soal matematika. Oleh karena itu, yuk ubah mindset kamu!

Cobalah menyusun rumus dengan rapi, agar lebih paham sesuai cara yang kamu sukai

Perubahan Cara Belajar Matematika – Transisi Dari Sekolah Menengah Ke  Perguruan Tinggi | Universitas Surabaya (UBAYA)

Agar kamu lebih tertarik dan merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, cara yang satu ini patut kamu coba. Sebab, menuliskan rumus dengan rapi dan menarik dapat membuat kamu lebih mudah memahaminya. Gak percaya? Coba saja.

Jangan pernah menghafal rumus, namun pahami konsep dari rumus yang ada

Belajar Matematika, Belajar Kehidupan [Bagian 3] Halaman all -  Kompasiana.com

Hal yang satu ini sering banget dilakukan oleh setiap pelajar. Padahal, menghafal rumus merupakan cara yang salah dalam mempelajari matematika. Pasalnya, kamu gak bisa selalu mengingatnya, apalagi dalam jangka waktu yang panjang. Namun berbeda jika kamu memahami sebuah rumus berdasarkan konsepnya. Sebab, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengerti dan akan otomatis menghafal sistematika rumus yang ada. Jadi, soal matematika yang sulit pun pasti bisa kamu kerjakan, deh.

Mengerjakan latihan soal bersama dengan teman yang jago matematika

Cara Menyenangkan Belajar Matematika Bareng Anak

Mengerjakan tugas bersama teman bisa menjadi cara alternatif untuk membuat kesan menyenangkan dalam mempelajari matematika. Sebab, ketika kamu kurang memahami soal yang ada, kamu bisa langsung bertanya pada teman-temanmu. Lagi pula, lebih nyaman belajar dengan teman sebaya, bukan?

Terakhir, jangan segan bertanya jika memang belum paham dengan materi yang diberikan gurumu

Cara Bertanya di Kelas atau Forum Diskusi Supaya Pertanyaan Kamu Menjadi  Efektif dan Berkualitas | Rencanamu

Malu bertanya sesat di jalan. Pun demikian saat kamu belajar matematika, jangan pernah segan mengajukan tanya tatkala kamu tak mengerti mengenai rumus atau apa pun yang berkaitan dengan matematika. Namanya belajar, pasti ada saatnya kamu merasa bingung, kan? Oleh karena itu, sekali lagi jangan takut bertanya jika kamu tidak mengerti dengan materi yang sedang dibahas.

Itulah beberapa cara belajar matematika yang benar. Yuk, coba lakukan agar pelajaran matematika terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami!

 

ARTIKEL TERBARU