Metode Pengobatan ala Rasulullah

Sahabat MQ, ada beberapa pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasalam:

Pertama, Makanan dan Minuman

Ada beberapa bahan makanan dan minuman yang menjadi sarana pengobatan dalam islam. Di antaranya adalah madu. Madu adalah karunia yang dititipkan melalui lebah oleh Allah, agar manusia bisa memanfaatkannya sebagai media pengobatan. Seperti yang telah Allah firmankan dalam surat An-Nahl ayat 69:

“Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”

Selain itu ada juga habbatussauda. Rasulullah hallallahu alaihi wasalam bersabda:

“jintan hitam yang rasanya agak pahit ini merupakan obat segala jenis penyakit. Belakangan ini, jintan hitam banyak di produksi menjadi berbagai macam bentuk, seperti kapsul, minuman, dan sari minyak.

Air zamzam juga merupakan media pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah hallallahu alaihi wasala.  Air zamzam dipercaya mampu membawa energi spiritual penyembuhan melalui do’a. Do’a inilah yang kemudian akan menjadi jalan kesembuhan bagi seseorang yang mengkonsumsinya.

Kedua, Berbekam

Rasulullah hallallahu alaihi wasalam mengajarkan berbekam sebagai media pengobatan. Abu Hurairah mengatakan dalam Hadits Riwayat Ath-Thabrani, bahwa Rasulullah hallallahu alaihi wasalam bersabda:

“Kesembuhan itu ada tiga. Dengan madu, sayatan pisau hijamah, dan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku menggunakan pengobatan dengan besi panas.”

Berbekam dilakukan dengan penyedotan kulit di beberapa bagian tubuh dan berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun, toxic, dan oxidant dalam tubuh melalui sayatan tipis pada pembuluh darah perifer di kapiler pada lapisan epidermis. Bekam mempunyai nama lain seperti kop, hijamah, besungu, terapi gelas, dan blood letting.

Sahabat MQ, sejatinya dalam melakukan pengobatan apapun, yang harus diyakini adalah bahwa hanya Allah-lah yang menyembuhkan kita. Tugas kita adalah menjaga baik-baik jasad yang telah Allah titipkan kepada kita.

Rasulullah pun menggunakan keyakinan bahwa Allah adalah Sang Mahapenyembuh. Usaha pengobatan yang kita lakukan adalah sebagai salah satu cara kita memohon kesembuhan kepada-Nya. Dan ingatlah bahwa Allah akan memberikan apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen Mozaik Islam, setiap Sabtu – Ahad pukul 17.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More