Menyikapi Datangnya Musibah

Sesuatu yang menimpa kehidupan umat manusia, terutama musibah, haruslah disikapi dengan sabar dan lapang dada.  Ali bin Abi Thalib berkata, “Jika engkau bersabar, takdir akan tetap berlaku bagimu dan engkau akan mendapatkan pahala. Jika engkau berkeluh kesah, takdir juga akan tetap berlaku bagimu dan engkau akan mendapatkan dosa.”

Sahabat MQ, tetaplah berpikir positif dan tidak berprasangka buruk kepada allah dengan musibah apapun yang dialami. Rasulullah bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian itu mati, kecuali dalam keadaan dia berbaik sangka kepada Allah.” (HR. Muslim)

Dalam menyikapi musibah, manusia dituntut secara bijak dengan memandang musibah secara proporsional. Sebab, musibah kadang menjadi pilihan Allah untuk mempercepat penempaan diri menjadi insan kamil, sekalipun sudah pasti di dunia tidak ada manusia yang sempurna sehingga jangan mengeluh dan mencela musibah.

Karena bisa jadi, musibah yang tengah menimpa kita, saudara kita, adalah cara terbaik untuk kita kembali kepada jalan Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka, kala musibah menghampiri kita, segeralah untuk bertaubat kepada Allah. Kembali kepadaNya, karena tidaklah musibah itu terjadi melainkan karena kita telah lalai kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen Mozaik Islam, setiap Sabtu – Ahad pukul 17.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More