Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan itu, karena pasti membutuhkan perjuangan untuk saling terbuka dan saling percaya.

Akan tetapi, ternyat/ memiliki jalinan kasih yang sehat diantara keluarga dapat memberikan banyak manfaat, lho..

  • Tubuh lebih sehat

Memiliki hubungan yang baik dengan pasangan sama seperti kita memiliki support system pribadi, yang dapat membuat suasana hati senantiasa bahagia dan merasa selalu terperhatikan. Ketika hati senantiasa merasa senang, maka hormon stress dan  sedih akan jarang kita rasakan dan hal itu akan membuat kondisi tubuh lebih sehat.

  • Berkembang menjadi pribadi lebih baik

Salah satu kunci memiliki hubungan yang sehat adalah dengan  menjadi diri sendiri di hadapan pasangan. Dengan menjalin hubungan yang sehat, kita dan pasangan dapat lebih mampu untuk menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dari kekurangan tersebut, kita akan dapat saling membantu untuk menjadi lebih baik. Misalnya, dengan menasihati jika ada yang salah dan saling menerima kritikan yang membangun jika diperlukan.

  • Memperkuat jalinan kasih

Sebuah hubungan yang baik tentu dibangun oleh sikap saling mengerti dan menghargai. Ketika kedua hal ini sudah dapat diaplikasikan kepada pasangan, maka jalinan kasih diantara keduanya akan semakin mengakar.

  • Mengurangi stres

Sahabat MQ, ketika kita sedang ingin berkeluh kesah akibat suatu permasalahan, kita terkadang membutuhkan seseorang untuk berbagi saran. Dengan membangun hubungan yang sehat, maka kita dan pasangan dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran dari masalah yang sedang dihadapi, agar tidak membuat kita merasa tertekan terlebih dahulu.

 

Sahabat MQ, keluarga merupakan muara segaligus aset pertama dan terbesar yang kita miliki untuk menimba ilmu, memperluas amalan, sekaligus menanam kebaikan.

Rasulullah memberikan wasiat kepada umatnya untuk menjaga hubungan rumah tangga dengan menggunakan tiga pondasi utama, yaitu sakinah (ketentraman), mawaddah (saling cinta), dan rahmah  (kasih sayang). Karena membangun istana surga di dalam rumah tangga bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan, apabila kita mau berikhtiar dan senantiasa berdoa.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More