Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Warna Lidah

Sahabat MQ, selain membantu manusia untuk dapat merasakan makanan, lidah juga memiliki fungsi penting untuk menunjukan kondisi kesehatan. Itulah mengapa saat kita melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, biasanya dokter secara langsung meminta kita untuk menjulurkan lidah.

Berikut beberapa ciri kesehatan yang dapat kita lihat melalui warna lidah:

  • Lidah berwarna putih

Permukaan lidah yang memiliki lapisan berwarna putih disebut sebagai leukoplakia. Warna putih pada lapisan permukaan lidah biasanya disebabkan oleh asap rokok. Hal ini merupakan pertanda bahwa lidah mengalami iritasi. Leukoplakia ini pun terbentuk secara berangsur-angsur sehingga terkadang kehadirannya tidak begitu disadari.

  • Lidah berwarna merah dengan totol putih

Lidah yang berwarna merah dengan totol putih, biasanya disebut sebagai lidah geografis, karena bentuknya yang menyerupai gambar-gambar pulau. Meski terlihat agak aneh, warna seperti ini termasuk warna lidah yang normal dan tidak berbahaya.

  • Lidah berwarna kuning

Apabila permukaan lidah berubah menjadi warna kuning, hal ini  menandakan bahwa terdapat masalah pada hati atau bagian perut. Lidah kuning merupakan gejala tahap awal dari penyakit yang lebih serius. Selain itu, penyebab umum lainnya adalah karena tidak terjaganya kebersihan gigi.

  • Lidah berwarna coklat

Permukaan lidah berwarna coklat dapat berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, seperti kopi. Namun, lidah dengan permukaan coklat yang berlangsung dalam waktu lama dapat menjadi ciri atau pertanda adanya permasalahan pada paru-paru.

 

Sahabat MQ, Allah subhanahu wata’ala merupakan pencipta yang Mahaluar biasa. Hanya dengan cara sederhana seperti rutin memeriksa warna pada permukaan lidah, kita jadi dapat mengetahui/sekaligus rutin mengontrol kondisi kesehatan kita kapan saja.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

 

Referensi : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/11/03/phl17a423-ketahui-kondisi-kesehatan-dari-warna-lidah

 

 

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad¬†shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More