Mengapa Bisa Berkeringat Ketika Tidur?

Sahabat MQ, apakah anda termasuk orang yang suka berkeringat ketika bangun tidur? Selain membuat tidak nyaman, berkeringat berlebih juga dapat menjadi indikasi dari sebuah penyakit. Akan tetapi, untuk persoalan ini, anda tidak perlu khawatir, karena ternyata terdapat beberapa penjelasan mengenai alasan seseorang dapat berkeringat setiap bangun tidur. Berikut informasinya.

  • Material kasur tidak nyaman

Alasan paling umum yang dapat menyebabkan kita berkeringat ketika tidur adalah material kasur atau matras alas tidur yang tidak nyaman. Biasanya salah satu material kasur yang tidak nyaman disebut dengan closed-cell polyurethane foam.

Hal ini karena material yang digunakan memakai bahan baku yang relatif murah dan membuat udara didalam busa tidak dapat mengalir, sehingga terasa panas.

  • Lingkungan tidur tidak kondusif

Kamar yang terlalu panas atau ruangan tidur yang tidak bersih juga dapat menjadi penyebab utama berkeringat saat tidur. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya ketika tidur, anda menggunakan piyama yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu, hindari menumpuk selimut di kasur terutama pada masa udara sedang panas, agar debu dan bakteri tidak menumpuk diatas sana. 

  • Pertanda stres

Kecemasan dan stres juga dapat memicu munculnya keringat saat tidur di malam hari. Mimpi buruk yang menimbulkan tekanan juga dapat menyebabkan keringat ketika tidur.

Untuk mengurangi perasaan cemas dan tertekan, anda dapat mencoba untuk melakukan aktivitas yang membuat tubuh rileks sebelum tidur. Di antaranya; meditasi, mandi air hangat, atau membaca.

  • Mekanisme pertahanan tubuh

Keringat yang mengalir dari tubuh saat tidur di malam hari juga dapat menjadi tanda sistem pertahanan tubuh yang sedang bekerja. Batuk, pilek, dan infeksi, serta virus yang menyebabkan demam. Hal inilah yang dapat membuat badan berkeringat saat tidur.

 

Sahabat MQ, agar istirahat di malam hari lebih maksimal tanpa terganggu oleh keringat yang berlebih, Anda dapat memilih matrerial kasur sesuai, yang memungkinkan udara dapat mengalir didalamnya. Selain itu, tidak lupa untuk senantiasa membersihkan kamar agar debu yang masuk tidak membuat kamar menjadi pengap.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad¬†shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More