Mendesain Tujuan Hidup

Hidup merupakan proses perjalanan waktu yang ditempuh oleh seseorang dengan berbagai kebahagiaan dan rintangan di dalamnya. Hidup terkadang terasa sangat bahagia bahkan membuat lupa dengan luka, tetapi dalam hidup juga tak jarang seseorang merasakan kesedihan karena rintangan yang silih berganti datang tak kunjung membuat hati tenang. Perjalanan waktu dalam hidup memang harus dibangun dengan baik, layaknya sebuah rumah agar menghasilkan bangunan yang kuat maka diperlukan pondasi yang tersusun dengan baik. Bangunan yang berdiri kokoh adalah bangunan yang memiliki pondasi kuat dan tersusun secara struktural dengan rapi. Begitupun dengan kehidupan, jika hidup seseorang ingin terbangun dengan kokoh maka harus tersusun dari tujuan hidup yang pasti dan dengan tekad yang kuat.

Mendesain tujuan hidup dengan pasti dan tekad yang kuat merupakan langkah awal agar tercapai segala harapan. Memahami makna hidup dan melihat potensi diri adalah hal penting agar tujuan hidup dapat kita tentukan. Komunikasi intrapribadi adalah komunikasi terhadap diri sendiri tentang apa yang telah kita lakukan untuk hidup. Kita telah banyak mengambil sesuatu dari kehidupan, tapi apakah sudah banyak yang kita lakukan dan berikan untuk kehidupan ?

Hidup bukan hanya tentang memuaskan diri sendiri, tetapi hidup juga tentang menjadi manfaat bagi sesama. Menjadi pribadi yang memiliki tujuan hidup memang tidak mudah, terlebih banyak orang yang merasa lemah dan tidak percaya diri dengan kemampuannya, tidak mampu berbuat apa-apa dikarenakan kondisi ekonomi dan usia, merasa tidak ada yang bisa dibanggakan dalam hidupnya. Beberapa hal tersebut harus kita hindarkan dalam hidup, karena setiap manusia pasti memilki kemampuan yang ia tak pernah menduganya.

Berdzikir, berpikir dan berikhitiar harus menjadi payung dalam hidup kita. Berdzikirlah setiap waktu agar kita menjadi manusia yang tak pernah lupa dengan Maha Pencipta yang maha mengatur segala kehidupan. Rasa syukur menikmati dan menerima apa yang saat ini dimiliki adalah kunci agar hidup selalu damai dan tak pernah merasa kekurangan. Berpikir dengan jernih, merenung dalam diri tentang apa yang telah diperbuat, apa yang harus diperbaiki, dan apa yang harus direncanakan untuk diaplikasikan. Berikhtiar adalah usaha dengan tekad yang kuat untuk meraih apa yang telah diharapkan dan direncanakan.

Sahabat MQ, inspirasi pagi kali ini bersama Kang Hari Firmansyah telah memberikan banyak hal tentang makna hidup yang harus memiliki tujuan. Memiliki tujuan hidup adalah langkah awal untuk meraih segala harapan, sebab memiliki harapan adalah hak yang tidak bisa dilarang oleh siapapun. Semua manusia harus memiliki harapan dan rencana untuk mewujudkan segala cita-citanya. Berikut 3 tips yang bisa sahabat MQ tanamkan dalam menyusun tujuan hidup:

Tuliskan 3 Ciri Khas Anda

Seseorang harus merasa bebas menentukan ciri khasnya, agar menjadi sisi istimewa dan berbeda di antara banyak orang lainnya. Ciri khas yang dimiliki seseorang akan menjadi daya tarik bagi orang lain yang menjumpainya. Ciri khas yang baik harus pada konsep yang baik pula. Tentukan ciri khas Anda yang sekiranya memang itulah karakteristik baik-mu yang dapat menjadi contoh dan manfaat bagi sesama.

Seseorang tidak boleh dengan mudah meng-klaim orang lain angkuh atau sombong karena ciri khas yang orang lain miliki. Sebab meng-klaim seseorang sombong karena memiliki kelebihan tak jauh dari  kata iri dan dengki. Jika kita mengetahui ciri khas orang lain dan melihat itu baik, jadikanlah sebagai motivasi dan pelajaran untuk hidup kita, agar kita tidak menjadi manusia yang terkurung dalam penjara kedengkian.

Tentukan Cara Ber-Interaksi Yang Paling Anda Sukai

Menempatkan diri pada posisi yang paling kita suka merupakan kunci nyaman dalam berinteraksi. Seperti halnya, jika kita suka berinterkasi sebagai pemberi semangat bagi orang lain, lakukan itu secara rutin, menjadi support system bagi orang lain akan melatih tujuan hidup kita agar turut serta bersemangat menjalani hidup.

Catat dan tentukan Dunia Ideal Bagi Anda

Mencatat dan menentukan dunia ideal dalam hidup merupakan salah satu poin dalam menentukan tujuan hidup. Tentukan apa yang menjadi target dunia ideal Anda. Seperti halnya, target dunia ideal Anda adalah menjadi jalan rizki bagi orang lain. Memiliki tujuan hidup untuk bisa menjadi jalan rizki bagi orang lain merupakan hidup menjadi manfaat yang luar biasa, karena melalui hal itu, kita bisa membantu sesama dan mewujudkan kebahagiaan bersama. Memiliki tujuan hidup seperti halnya menjadi Asisten Allah untuk menyampaikan kepada sesama manusia tentang tips menjalani hidup yang penuh dengan rintangan, itu juga bisa menjadi catatan dunia ideal bagi kita, agar kita memiliki tujuan hidup yang dapat memberi motivasi dan dukungan kepada sesama manusia.

ARTIKEL TERBARU