Mari Mulai Perbaiki Gizi Diri, Hidup Tetap Sehat dan Bahagia

Definisi Gizi

Gizi berasal dari bahasa Arab “ghidza“ yang menurut harafiah adalah zat makanan dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “nutrition“ yang berarti adalah bahan makanan. Zat gizi sering diartikan juga sebagai ilmu gizi. Zat gizi adalah zat-zat yang diperlukan tubuh yang berasal dari zat makanan. Macammacam zat gizi meliputi karbohidrat (hidrat arang), lemak, protein, mineral, da vitamin. WHO (World Health Organization, dalam Soekirman, (2000: 4) mengartikan ilmu gizi sebagai ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada organisme hidup untuk kembali dan mengolah zat-zat padat dan cair dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, berfungsinya organ tubuh, dan menghasilkan energi.

Pada perkembangan sekarang, kata gizi mempunyai pengertian yang luas disamping untuk kesehatan, gizi dikaitkan dengan potensi seseorang, karena gizi berkaitan dengan potensi seseorang yaitu gizi berkaitan dengan potensi otak, kemampuan belajar dan produktivitas kerja, oleh karena itu, di Indonesia faktor gizi penting dalam pembangunan, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia. Terpenuhinya kebutuhan gizi seimbang sangat penting bagi tubuh manusia, karena kekurangan asupan gizi akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita,akibat kekurangan gizi diantaranya adalah : (1) pertumbuhan dan perkembangan kurang normal, dan (2) kelesuan, tidak bergairah melakukan kegiatan sehari hari.

Gizi Seimbang

Secara umum, gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan Berat Badan Ideal (BBI). Sangat mudah untuk kalian jika ingin menjalankan hidup sehat dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. Ayo ikuti langkah-langkah ini :

  1. Biasakan mengonsumsi makanan yang beraneka ragam atau variasi makanan.
  2. Batasi konsumsi gula, asin, dan berlemak.
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan Berat Badan Ideal (BBI).
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
  6. Biasakan sarapan pagi.
  7. Biasakan minum air putih yang cukup.
  8. Banyak makan buah dan sayur.
  9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.

Makanan dengan Gizi Seimbang

Buah-Buahan

3 Kombinasi Buah-buahan yang Sebaiknya Kamu Hindari, Bisa Berbahaya Bagi  Kesehatan Tubuh! - Semua Halaman - Grid.ID

Zat yang terkandung pada buah-buahan mempunyai peran yang besar dalam hal gizi yang baik untuk tubuh. Buah-buahan mengandung banyak serat, vitamin, mineral dan nutrisi untuk tubuh.

Cokelat

Studi Sebut Mengendus Bau Cokelat Bisa Bantu Berhenti Merokok

Cokelat termasuk salah satu jenis makanan yang bergizi. Cokelat memiliki senyawa bernama flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mulut, dan juga kulit. Tapi jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan ya, karena dapat merusak gigi kamu.

Kedelai

Kedelai, Biji-bijian dengan Beragam Manfaat

Makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu atau tempe mudah sekali dijumpai di negeri tercinta kita ini. Hampir setiap hari, kita selalu bertemu dengan jenis makanan yang berbahan dasar kedelai. Kedelai sangat baik untuk tubuh dan memiliki gizi yang cukup tinggi. Kedelai adalah sumber protein, serat, dan kalsium.

Susu

Susu Pasteurisasi vs Susu Segar, Ini Faktanya! - Alodokter

Salah satu jenis sumber energi bagi otak dan tubuh yang bahkan sudah diberikan ibu untuk kamu sejak kecil. Terang saja, karena kandungan protein dan kalsium pada susu juga dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Susu juga kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan untuk menu makanan seperti kue, roti, dan lain-lain. Bahkan saat ini, susu juga seringkali dicampurkan dengan kopi.

ARTIKEL TERBARU