Manfaat Memperkuat Solidaritas

Sahabat MQ, membangun ukhuwah islamiyah atau tali solidaritas dan persaudaraan merupakan salah satu pondasi yang dapat membuat tali keimanan seseorang menjadi sangat kokoh. Allah menganjurkan kita untuk saling menyayangi, mengasihi, dan berbagi karenanya. Karena, ketika suatu ukhuwah dibangun dan diperkuat, beribu manfaat dapat kita rasakan hikmahnya. Berikut manfaat memperkuat solidaritas antarsesama.

  • Memperoleh manisnya iman

Terdapat tiga perkara yang Rasul sebutkan tentang orang-orang yang dapat merasakan manisnya keimanan, yaitu;  orang yang lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya dari pada selain keduanya, seseorang yang saling mencintai semata-mata hanya karena Allah, dan yang ketiga, seseorang yang tidak suka kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya.

  • Membuka jalan untuk lebih dekat kepada Allah

Memperkuat tali persaudaraan karena Allah dapat menjadi pembuka jalan untuk lebih dekat lagi kepada Allah subhanahu wata’ala. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, pada hari kiamat Allah berfirman, bahwa orang-orang yang saling menyayangi di antara sesama akan berada di dalam satu-satunya naungan, yaitu naungan Allah ta’ala.

  • Dapat membuka pintu surga

Salah satu jalan pembuka pintu surga adalah bagi mereka yang saling mengasihi karena Allah dan hanya untuk Allah. Rasulullah shallahu alaihi wasalam telah bersabda, dalam hadist riwayat Muslim, bahwa tidak akan masuk surga seseorang yang tidak beriman dan tidak akan beriman, seseorang yang belum saling mencintai.

  • Mendapat keutamaan

Mempererat ukhuwah persaudaraan dapat mengantarkan pelakunya ke barisan orang-orang yang memiliki keutamaan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah dua orang yang saling bercinta karena Allah, melainkan yang paling utama diantara keduanya adalah yang paling cinta kepada sahabatnya itu.”

 

Sahabat MQ, tidak ada cara lain untuk menyelamatkan seluruh aset umat dan memberdayakan potensi sumber daya umat, kecuali dengan mengaplikasikan makna persaudaraan dan solidaritas secara benar dan sejati. Dan Nabi shallahu alaihi wasalam telah bersabda, bahwa orang mukmin bagi orang mukmin lainnya seperti bangunan satu sama lain saling menguatkan.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More