Manfaat Membungkus Makanan dengan Daun Pisang

Sahabat MQ, daun pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya daun pisang dimanfaatkan sebagai alas atau pembungkus lauk dan nasi. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat daun pisang dapat memberi banyak manfaat ketika digunakan untuk membungkus makanan. Simak informasinya.

  • Sebagai antioksidan alami

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang dapat menambah nilai kesehatannya. Hal ini karena daun pisang mengandung polifenol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Kandungan ini berguna untuk melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit.

  • Menjaga dari kandungan bahan kimia

Membungkus makanan dengan daun pisang sangat disarankan untuk dilakukan dari pada menggunakan pembungkus plastik. Sifat alami yang terkandung pada daun pisang dapat membuat risiko makanan tercemar bahan kimia menjadi sangat kecil.

  • Membuat cita rasa lebih nikmat

Bagi para penikmat kuliner tradisional biasanya lebih percaya jika makanan yang dibungkus oleh daun pisang, akan memiliki cita rasa yang lebih nikmat.

Hal ini karena, daun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang ketika ditaruh makanan akan membuat terasa lezat, apalagi jika makanan panas diletakkan di atas daun pisang, lapisan tersebut seakan menyatu dengan makanan dan membuatnya menjadi terasa lebih lezat.

  • Tidak mudah sobek

Daun pisang mempunyai penampang yang lebar dan panjang serta tidak memiliki getah yang membahayakan saat digunakan sebagai alas makanan. Daun pisang juga tidak memiliki pori yang besar, sehingga makanan yang memiliki serat kuah, tidak akan mudah merembes dan sobek ketika sudah dipanaskan.

 

Sahabat MQ, selain mudah untuk didapatkan, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan jauh lebih baik bagi tubuh dan lingkungan daripada menggunakan plastik ataupun styrofoam. Hal ini karena daun pisang lebih ramah lingkungan jika sudah digunakan/ daripada plastik dan sejenisnya.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More