MANFAAT MEMBANGUN KELUARG YANG BAIK

Sahabat mq, memiliki hubungan yang baik dalam suatu keluarga, merupakan dambaan setiap keluarga. Karena salah satu kebahagiaan kita adalah bisa berkumpul dan berhubungan baik dengan seluruh anggota keluarga kita baik di dunia maupun di akhirat. Tak jarang ada orang yang dari segi materinya ia telah mencapai kesuksesan yang tinggi, dengan karirnya yang melesat, memiliki jabatan yang tinggi, memiliki rumah yang mewah, mobil, motor dan sarana lain terpenuhi, bahkan investasinya dimana-mana. Namun didalam hatinya ia tidak memiliki kebahagiaan secara utuh, karena ia terlampau sibuk mengurusi karirnya, mengurusi jabatannya, mengurusi apa yang telah ia diinvestasikannya, mengurusi semua capaian yang telah ia perjuangkan, tanpa ia tak sempat mengurusi keluarganya. Hingga tidak terciptalah hubungan baik dengan keluarganya. Mungkin saja istrinya sibuk dengan dunianya sendiri, atau lebih parah istrinya berselingkuh dibelakang suaminya, anak-anaknya yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua sehingga mencari kesenangan di luar dan melakukan hal-hal yang negatif. Semua itu mungkin saja terjadi karena tidak adanya hubungan baik antara seorang yang menjadi kepala keluarganya dengan anggota keluarganya, dikarenakan sibuk dengan hanya memikirkan karir,jabatan atau capaiannya.

Memiliki hubungan baik di dalam keluarga tentunya karena ada komunikasi dadalamnya, adanya rasa saling memiliki dan kepedulian antara satu sama lain. Mungkin saja memiliki karir, jabatan, dan harta yang melimpah adalah salah satu faktor kebahagiaan dalam keluarga. Namun terjalinnya suatu hubungan yang baik dalam keluarga adalah kebahagiaan yang sebenarnya. Dan ketika memiliki hubungan yang baik antara keluarga, selain menciptakan kebahagian dalam hati banyak pula manfaatnya dalam kehudupan kita, diantaranya :

Pertama, Tubuh lebih sehat

Memiliki hubungan yang baik dengan pasangan sama seperti kita memiliki support system pribadi, yang dapat membuat suasana hati senantiasa bahagia, dan merasa selalu terperhatikan. ketika hati senantiasa merasa senang, maka hormon stress dan  sedih akan jarang kita rasakan, dan hal itu akan membuat kondisi tubuh lebih sehat.

Ke dua, Berkembang menjadi pribadi lebih baik

Salah  satu kunci memiliki hubungan yang sehat adalah dengan  menjadi diri sendiri di hadapan pasangan. Dengan menjalin hubungan yang sehat, kita dan pasangan dapat lebih mampu untuk menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dari kekurangan tersebut, kita akan dapat saling membantu untuk menjadi lebih baik, misalnya dengan menasihati jika ada yang salah, dan saling menerima kritikan yang membangun, jika diperlukan.

Ke tiga, Memperkuat jalinan kasih

Sebuah  hubungan yang baik tentu dibangun oleh sikap saling mengerti, dan menghargai. Ketika kedua hal ini sudah dapat diaplikasikan kepada pasangan, maka jalinan kasih diantara keduanya akan semakin mengakar.

Ke empat, Mengurangi stres

Ketika kita sedang ada keluh kesah akibat suatu permasalahan, kita terkadang membutuhkan seseorang untuk berbagi saran, dengan membangun hubungan yang sehat, maka kita dan pasangan dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran dari masalah yang sedang dihadapi, agar tidak membuat kita merasa tertekan terlebih dahulu.

Sahabat mq, keluarga merupakan muara segaligus aset pertama dan terbesar yang kita miliki, untuk menimba ilmu, memperluas amalan, sekaligus menanam kebaikan.

Rasulullah memberikan wasiat kepada umatnya untuk menjaga hubungan rumah tangga dengan menggunakan tiga fondasi utama, yaitu sakinah – ketentraman, mawaddah – saling cinta, dan rahmah – kasih sayang. Karena membangun istana surga didalam rumah tangga bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan, apabila kita mau berihktiar dan senantiasa berdoa.

 

 

ARTIKEL TERBARU