Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati dan memiliki beraneka tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu telah mengenal dan memanfaatkan tanaman yang mempunyai khasiat obat atau menyembuhkan penyakit. Tanaman tersebut dikenal dengan sebutan tanaman obat tradisional atau obat herbal. Salah satu tanaman tersebut adalah daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb). Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Di beberapa daerah, daun pandan wangi dikenal dengan berbagai nama antara lain: Pandan Rampe, Pandan Wangi (Jawa); Seuke Bangu, Pandan Jau, Pandan Bebau, Pandan Rempai (Sumatera); Pondang, Pondan, Ponda, Pondago (Sulawesi); Kelamoni, Haomoni, Kekermoni, Ormon Foni, Pondak, Pondaki, Pudaka (Maluku); Pandan Arrum (Bali), Bonak (Nusa Tenggara).

Pandan wangi merupakan tumbuhan berupa perdu dan rendah, tingginya sekitar dua meter. Batangnya menjalar, pada pangkal keluar berupa akar. Daun berwarna hijau kekuningan, diujung daun berduri kecil, kalau diremas daun ini berbau wangi. Tanaman pandan wangi dapat dengan mudah dijumpai di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman, di kebun, di pekarangan rumah maupun tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Selain itu, tumbuhan ini dapat tumbuh liar ditepi sungai, rawa, dan tempat-tempat lain yang tanahnya. Daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40 – 80 cm, lebar 3 – 5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujungujungnya, warna hijau dan berbau wangi.

Berikut beberapa manfaat pandan wangi bagi kesehatan:

Pandan Wangi Digunakan Sebagai Obat Keputihan

Secara empiris daun pandan wangi digunakan sebagai obat keputihan dengan cara direbus. Keputihan atau secara medis disebut kandidiasis merupakan salah satu kasus infeksi jamur yang paling sering terjadi pada manusia. Penyakit kandidiasis tergolong infeksi oportunistik yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur genus Candida yang berlebihan, 70% dari infeksi Candida disebabkan oleh Candida albicans.

Kegunaan Daun Pandan untuk Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Bila kamu sering merasakan sakit kepala dan kelelahan, bisa jadi itu adalah gejala hipertensi. Jika dibiarkan, hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung dan strok. Saat gejala hipertensi mulai terlihat, buatlah rebusan daun pandan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika memiliki diabetes, kamu bisa menggunakan daun pandan sebagai pengganti gula dalam masakan. Daun pandan akan membuat masakan terasa semakin segar dan gurih. Untuk mengatasi diabetes, konsumsilah air rebusan daun pandan secara rutin. Manfaat air rebusan daun pandan adalah membantu tubuh meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas.

Manfaat Daun Pandan untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Rebusan daun pandan juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Caranya, rebus tiga gelas air bersama tiga potong daun pandan. Saat proses perebusan, volume air akan berkurang dengan sendirinya. Hentikan proses perebusan ketika air sudah tersisa sekira satu cangkir. Setelah ditiriskan beberapa saat, minumlah air rebusan tersebut. Untuk mendapat hasil maksimal, minumlah air rebusan daun pandan sebanyak dua kali sehari.

Menyembuhkan demam

Sifat antibakteria pada daun pandan dapat mengatasi infeksi demam dalam tubuh. Caranya taruh 2 sampai 3 lembar daun pandan di dua gelas air mendidih kemudian sarang. Minum sebanyak dua kali sehari.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe bisa muncul akibat kulit kepala berminyak, stres, hingga menggunakan produk sampo yang tidak sesuai. Jika kamu memiliki masalah ini, jangan khawatir, karena mengatasi ketombe adalah salah satu kegunaan daun pandan. Caranya, kamu harus menghaluskan sepuluh lembar daun pandan kering dan campur dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, gunakan pasta daun pandan untuk memijat kepala.

Sahabat MQ, itulah beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan suatu waktu ketika membutuhkan.

ARTIKEL TERBARU