Manfaat Bermain dengan Ayah

Sahabat MQ, selama ini, terkadang kita menganggap bahwa perkembangan seorang anak ditentukan oleh apa yang diajarkan ibunya saja. Oleh karenanya, anak jadi lebih mau terbuka kepada ibu dari pada kepada ayah.

Padahal, peran ayah dalam perkembangan anak, misalnya dengan cara mengajaknya bermain, memiliki banyak manfaat kebaikan.

  • Mendorong keterampilan motorik

Keterlibatan ayah dalam mengambil peran dapat mendorong keterampilan motorik anak. Keterampilan motorik merupakan sebuah proses di mana anak dapat mengembangkan seperangkat respons ke dalam suatu gerak yang terkoordinasi dan terpadu. Hal ini akan berdampak pada sikap kepemimpinan, pengembangan kognitif, dan kemampuan mengendalikan emosi.

  • Mengembangkan kemampuan psikomotorik

Kehadiran ayah dalam fase bermain dapat membuat anak jauh lebih cepat mengembangkan kemampuan psikomotoriknya atau keterampilan skill-nya. Karena itu, aktivitas seperti bermain di taman, bersepeda, dan berenang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

  • Mendekatkan hubungan anak dan ayah

Hubungan kedekatan anak biasanya diisi oleh peran ibu. Karena setiap hari bekerja di luar rumah, anak cenderung kurang dekat dengan ayah. Dengan kegiatan bermain bersama, kualitas komunikasi antara ayah dan anak dapat meningkat, sehingga akan membuat anak lebih rileks dan mau terbuka kepada ayahnya.

  • Membentuk keharmonisan ¬†keluarga

Ayah yang ikut aktif berperan dalam pertumbuhan anak dapat berdampak pada keharmonisan keluarga. Ketika ayah ikut bermain dengan anak, kedekatan seluruh keluarga semakin harmonis, karena semua sumber daya di keluarga mampu mengambil peran bersama-sama.

 

Sahabat mq, ayah memiliki kekuatan yang sama dalam memerankan figur yang sangat penting bagi anak-anak. Hal ini karena ayah merupakan kunci keharmonisan yang tidak dapat dipisahkan untuk membangun keluarga bahagia.

 

Referensi :

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3682463/6-manfaat-keterlibatan-ayah-bermain-dengan-anak

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad¬†shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More