Manfaat Bermain Cilukba Bersama Bayi

Sahabat MQ, cilukba menjadi permainan yang rasanya hampir disukai setiap anak kecil terutama bayi. Namun, pernahkah terlintas dalam benak Anda, mengapa anak-anak sangat suka dengan permainan ini?

Permainan sederhana yang sudah ada sejak dulu ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan manfaatnya.

Berikut manfaat bermain cilukba bersama bayi.

Pertama, memperkuat bonding atau ikatan anak dan orang tua

Bayi bisanya diajak bermain cilukba ketika mereka baru lahir. Orang tua biasanya melakukannya dengan cara menutup muka memakai tangan tepat di depan wajah bayi.

Melansir laman what to expect, di usia new born, wajah orang terdekat seperti orang tua akan menjadi fokus para bayi. Mereka akan terheran dan penasaran dengan ekspresi wajah orang-orang di sekitarnya dan cara ini dapat memudahakan proses bonding orang tua pada bayi.

Kedua, melatih kemampuan bersosialisasi

Anak membutuhkan waktu untuk dapat mengidentifikasi dirinya sebagai entitas yang terpisah dari lingkungannya. Sedangkan realisasi akan terjadi ketika si kecil mulai melihat perbedaan, persamaan, tindakan, dan reaksi. Untuk itu, permainan cilukba adalah cara yang baik untuk memberikan stimulasi terhadap realisasi ini.

Ketiga, melatih dan memperkenalkan kemandirian sejak dini

Jika bayi telah digendong seharian, maka mengajaknya bermain cilukba (meskipun sebentar saja), dapat membuatnya merasakan perpisahan yang aman, memberikannya sedikit ruang dan jarak dengan kenyamanan bahwa sang ibu akan muncul kembali dalam sekejap.

Dengan kata lain, permainan cilukba mengajarkan anak untuk dapat mandiri, yakni ketika perpisahan yang bersifat sesaat, diikuti dengan proses kembali yang bahagia saat bermain cilukba.

Jadi, sudahkah Anda bermain cilukba bersama bayi imut Anda?

ARTIKEL TERBARU