Manfaat Bermain Catur untuk Anak

Sahabat MQ, sudah tahukah manfaat bermain catur untuk anak?

Menurut beragam penelitian, permainan rumit yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi perkembangan otak. Itulah mengapa, di zaman sekarang, kita melihat bahwa permainan catur mulai banyak diperkenalkan kepada anak-anak.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat dirasakan jika orang tua mengajarkan anak bermain catur sedari dini? Berikut informasinya.

Pertama, melatih dua sisi otak

Seorang peneliti di Jerman menyebutkan, bermain catur mampu melatih kedua sisi otak pada anak menjadi lebih aktif.

Ya. Otak memiliki dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dengan bermain catur, si kecil secara tidak langsung akan dilatih untuk mengenali posisi anak catur dan juga menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya untuk menaklukan pihak lawan. Dan hal ini akan turut melatih dua sisi otak anak.

Kedua, kemampuan memecahkan masalah.

Bermain catur dapat melatih kemampuan untuk memecahkan masalahnya sendiri atau problem solving. Hal ini karena anak-anak yang terbiasa bermain catur akan lebih mudah mengenali situasi sulit dan cenderung berusaha untuk bisa keluar dari situasi tersebut.

Ketiga, mencegah alzheimer

Alzheimer atau penyakit yang menyerang kemampuan mengingat pada otak dapat dihindari saat seseorang cukup terlatih untuk bermain catur. Menurut penelitian yang dimuat dalam the new england journal of medicine, bermain catur dalam jangka waktu yang cukup lama mampu menurunkan risiko demensia.

Sahabat MQ, jadi apakah Anda akan mulai mengenalkan permainan catur pada anak?

 

(Konten ini disiarkan dalam program MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU