Manfaat Ayah Dekat dengan Anak Perempuan

Sahabat MQ, seorang profesor filsafat di Eastern Kentucky University Amerika Serikat, Michael Austin mengungkapkan bahwa seorang ayah akan menjadi contoh bagi anak perempuannya dalam membangun hidupnya sendiri. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa figur seorang ayah lebih cenderung bisa memberikan manfaat tentang kehidupan dan contoh realistis bagi anaknya.

Berikut tiga manfaat kedekatan ayah dan anak perempuan.

Pertama, menjadi lebih mudah mengatasi sepi

Hasil riset yang dipublikasikan dalam journal of psychology menunjukkan, risiko kesepian sangat rendah pada anak yang memiliki ikatan kuat dengan ayahnya. Namun, ikatan ini dianggap akan menurun seiring berjalannya waktu, terutama ketika anak sudah mulai banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Kedua, anak mudah bersosialisasi

Psikolog pun membuktikan bahwa para anak perempuan yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya, akan lebih mudah memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan, cenderung lebih bisa menjaga relasi dengan orang sekitarnya dengan lebih baik.

Ketiga, anak dapat berpikir lebih logis

Seorang ayah cenderung dapat “menyeimbangkan” perasaan anak perempuannya dengan lebih baik.

Jika seorang ibu lebih menggunakan perasaan dalam mendidik anak, maka ayah akan menanamkan “sifat laki-lakinya” kepada anak perempuan. Caranya dengan mengajarkannya untuk bersikap peduli, mengontrol emosi, dan berpikir secara logis dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Sahabat MQ, tak akan rugi jika mendekat pada anak kita. Maka, ayah.. penuhilah tanki kasih sayang anakmu..

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU